Gubernur Wayan Koster Tegaskan Masuk Bali Wajib Bawa Hasil Tes Swab Negatif

Bona Jaya ยท Senin, 01 Juni 2020 - 18:39 WIB
Gubernur Wayan Koster Tegaskan Masuk Bali Wajib Bawa Hasil Tes Swab Negatif
Gubernur Wayan Koster (dok iNews.id)

DENPASAR, iNews.id- Gubernur Wayan Koster menegaskan setiap orang yang akan masuk ke Bali wajib memenuhi persyaratan membawa surat bebas terjangkit virus corona (covid-19). Syarat itu untuk memastikan tidak ada orang yang masuk ke Bali dengan membawa virus mematikan itu.

"Wajib menunjukkan hasil negatif Covid-19," kata Koster usai menghadiri sidang paripurna DPRD Bali, Senin (1/6/2020).

Koster menjelaskan, untuk pendatang ke Bali melalui jalur udara wajib menunjukkan surat yang menyatakan negatif terjangkit Covid-19 berbasis tes swab dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR). Hasil tes swab itu harus dikeluarkan oleh laboratorium rumah sakit yang ditunjuk Gugus Tugas Covid-19.

Sedangkan untuk pendatang melalui jalur laut dan darat, wajib menunjukkan surat yang menyatakan negatif terjangkit Covid-19 berdasarkan rapid test.

Koster mengatakan, pengetatan syarat masuk ke Bali melalui jalur udara telah mendapat persetujuan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Mantan anggota DPR ini mengatakan, pemberlakukan wajib menunjukkan keterangan bebas Covid-19 hasil swab PCR maupun rapid test, merupakan bagian dari seleksi ketat yang dilakukan agar tak muncul lagi klaster baru dalam penyebaran Covid-19 di Pulau Dewata.

Hingga Senin (1/6/2020), total kasus positif corona di Bali mencapai 482 orang, dengan 329 orang sudah sembuh dan 5 orang meninggal dunia.


Editor : Reza Yunanto