Gubernur Koster Sebut Peningkatan Kasus Covid-19 karena Bali Gencar Rapid Test

Bona Jaya ยท Senin, 29 Juni 2020 - 14:57 WIB
Gubernur Koster Sebut Peningkatan Kasus Covid-19 karena Bali Gencar Rapid Test
Gubernur Bali Wayan Koster (Humas Pemprov Bali)

DENPASAR, iNews.id - Gubernur Bali Wayan Koster menyebut peningkatan kasus positif Covid-19 dalam beberapa hari terakhir karena gencar dilakukan rapid test. Di suatu wilayah yang ditemukan kasus positif lebih dari lima orang, wajib dilakukan rapid test massal.

"Saya minta kepada gugus tugas provinsi dan kabupaten kota untuk aktif melakukan tracing. Termasuk kepada daerah yang terjangkit lebih dari lima kasus, saya minta semuanya rapid test massal," kata Koster usai mengikuti Rapat Paripurna di DPRD Bali, Senin (29/6/2020).

Koster mengatakan, cara itu dilakukan untuk mempercepat penanganan Covid-19 di suatu wilayah. Menurut Koster, saat ini kecenderungan kasus baru positif Covid-19 yang ditemukan di Bali merupakan transmisi lokal dari Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Kayak Minggu kemarin, dari 45 kasus positif, 36-nya itu ternyata OTG," ujar pria yang juga Ketua DPD PDIP ini.

Koster menuturkan, gencarnya rapid test massal di beberapa daerah saat ini justru baik. Dengan cara itu, penyebaran Covid-19 bisa lebih cepat dicegah. Selain itu, penangagan terhadap mereka yang terjangkit Covid-19 bisa lebih cepat dilakukan.

"Kalau begitu kan jadi bagus. Jadi sehat daripada mereka didiemin," ujarnya.

Koster mengatakan, hingga kini jumlah kasus positif di Bali mencapai 1.414 orang. Sedangkan jumlah pasien yang sembuh sudah 771 orang, dan 630 orang masih menjalani perawatan di 11 rumah sakit rujukan dan rumah karantina.


Editor : Reza Yunanto