Gubernur Koster Bangga Tenun Gringsing Bali Tampil di Uang Rp75.000

Antara · Selasa, 18 Agustus 2020 - 19:06:00 WITA
Gubernur Koster Bangga Tenun Gringsing Bali Tampil di Uang Rp75.000
Gubernur Wayan Koster menerima uang baru Rp75.000 dari Bank Indonesia Perwakilan Bali. (Antara)

DENPASAR, iNews.id - Gubernur Bali Wayan Koster menyampaikan rasa bangga dengan dipakainya motif tenun kain gringsing di uang baru Rp75.000 yang diterbitkan Bank Indonesia. Menurut Koster hal tersebut merupakan penghormatan bagi budaya dan masyarakat Bali.

"Ini penghormatan dan penghargaan pada masyarakat Bali. Saya ucapkan terima kasih di HUT ke-75 Kemerdekaan RI, ini istimewa bagi Bali," kata Koster di Gedung Gajah, Denpasar, Senin (17/8/2020).

Koster juga menerima uang Rp75.000 yang merupakan uang peringatan (commemorative money) itu dari BI perwakilan Bali.

Koster menambahkan, kain gringsing merupakan kain tradisi khas Tenganan Kabupaten Karangasem. Dengan dipilihnya motif kain gringsing pada uang yang dikeluarkan secara khusus oleh BI dalam peringatan HUT ke-75 RI itu, menurutnya juga penghargaan bagi budaya Bali.

Koster berpandangan, nilai filosofis uang khusus peringatan ke-75 Kemerdekaan RI itu memiliki makna yang sangat mendalam. Di antaranya pencapaian Indonesia dalam usia 75 tahun merdeka dengan berbagai hasil-hasil pembangunan, kemudian mengedepankan tentang kebhinekaan sebagai kekayaan budaya Bangsa Indonesia.

"Untuk Bali, pemaknaan tersebut juga sejalan dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali menuju Bali Era Baru," katanya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: