Tim Evakuasi KMP Dharma Rucitra Keluarkan 25 Kendaraan dari Lambung Kapal, 7 Masih Terjebak

Yunda Ariesta ยท Senin, 29 Juni 2020 - 15:34 WIB
Tim Evakuasi KMP Dharma Rucitra Keluarkan 25 Kendaraan dari Lambung Kapal, 7 Masih Terjebak
Proses Evakuasi mobil dalam lambung KMP Dharma Rucitra

KARANGASEM, iNews.id - Tim evakuasi berhasil mengeluarkan 25 kendaraan dari lambung KMP Dharma Rucitra yang kandas di Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali. Masih ada tujuh kendaraan lagi yang terjebak di dalam lambung kapal.

Informasi yang diperoleh iNews.id, hingga Senin (29/6/2020) sudah 25 kendaraan yang dikeluarkan dari kapal yang tenggelam di dermaga II Pelabuhan Padangbai itu. Kendaraan yang dikeluarkan dari dalam kapal terdiri atas motor, mobil, dan truk berbagai ukuran termasuk tronton.

Dilansir dari laman Satuan Pelaksana Pelabuhan Padangbai, beberapa kendaraan yang sudah dikeluarkan dari lambung kapal yakni 5 unit motor, 1 unit mobil, 2 truk mini, 3 truk sedang, 4 unit truk besar, dan 5 unit truk tronton.

Pada evakuasi hari ini, tim penyelam juga menemukan ratusan tabung elpiji yang mengambang di perairan.

Penemuan ratusan tabung gas ini cukup mengagetkan. Dalam data manifes muatan kapal tidak tercantum adanya tabung gas hingga berjumlah ratusan.

"Kita kordinasikan dengan kepolisian siapa yang bawa itu nanti kita cek," kata Manajer ASDP Pelabuhan Padangbai, Zainal Abidin, Senin (29/6/2020).

Evakuasi KMP Dharma Rucitra yang kandas di dermaga II telah dilakukan sejak pekan lalu dengan mengeluarkan sejumlah kendaraan bermotor dan ratusan kilogram muatan logistik yang terjebak di dalam lambung kapal.

KM Dharma Rucitra mengalami kebocoran di bagian lambung saat merapat di Pelabuhan Padangbai, Jumat (12/6/2020) malam sekitar pukul 21.50 WITA. Akibatnya, kapal miring dan nyaris tenggelam. Seluruh awak kapal dan penumpang berhasil dievakuasi.


Editor : Reza Yunanto