Diduga Tersesat, 2 Pendaki Gunung Agung Bali Dilaporkan Hilang

Antara ยท Rabu, 08 Juli 2020 - 17:38 WIB
Diduga Tersesat, 2 Pendaki Gunung Agung Bali Dilaporkan Hilang
Tim SAR gabungan melakukan pencarian 2 pendaki Gunung Agung di Bali yang dilaporkan hilang, Rabu (8/8/2020) (Foto: Humas SAR Bali/Antara)

KARANGASEM, iNews.id - Dua orang pendaki Gunung Agung di Karangasem, Bali hilang dalam perjalanan pulang. Mereka terpisah dari rombongan dan diduga tersesat.

"Telah terjadi kondisi di mana dua orang masih dalam pencarian," kata Kepala Basarnas Bali Gede Darmada di Denpasar, Rabu (8/7/2020).

Darmada mengatakan, dua pendaki yang hilang yaitu Ketut Wiyasa (57) dan Made Ayu Widiasari (56).

Menurut Darmada, keduanya semula bersama 11 orang lainnya dalam satu rombongan mulai mendaki Gunung Agung pada Selasa (7/7/2020).

Kemudian pada siang tadi sekitar pukul 12.05 WITA, rombongan kembali turun dari pendakian. Namun di tengah perjalanan, dua orang menghilang diduga terpisah dari rombongan.

Menurut Darmada, setelah mendapat laporan orang hilang, Tim Basarnas dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan pencarian berkoordinasi dengan rombongan.

Basarnas mengerahkan personel dari Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem dengan estimasi waktu tempuh kurang lebih 1 jam 3 menit.

Sementara itu Koordinator Pos Pencarian Karangasem, I Gusti Ngurah Eka Widnyana mengatakan, akses mendaki ke Gunung Agung saat ini sebenarnya belum dibuka. Diduga rombongan belasan orang ini mendaki tanpa izin.

"Rombongan mendaki ini tidak ada izin karena mereka mau naik untuk melakukan persembahyangan," ujarnya.

Dia mengatakan, untuk kondisi cuaca di lokasi pendakian Gunung Agung nampak hujan rintik-rintik disertai kabut. Total ada 15 orang tim SAR gabungan naik ke Gunung Agung melaksanakan pencarian dua pendaki yang hilang tersebut.


Editor : Reza Yunanto