Cuti Bersama Lebaran 2020 Digeser ke Akhir Tahun

Aditya Pratama, Faieq Hidayat ยท Kamis, 09 April 2020 - 19:55 WIB
Cuti Bersama Lebaran 2020 Digeser ke Akhir Tahun
Menko PMK Muhadjir Effendy

JAKARTA, iNews.id - Cuti bersama Lebaran tahun 2020 yang semula jatuh pada bulan Mei bergeser ke bulan Oktober dan Desember. Pergeseran ini karena wabah virus corona (Covid-19) diperkirakan masih akan berlangsung pada Mei.

"Betul (cuti bersama Idul Fitri digeser), tanggal 28 Oktober dan 28 sampai 31 Desember," ujar Menteri Koordinator Pembangunan Manusia Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy saat dikonfirmasi iNews.id, Kamis Kamis (9/4/2020).

Menurut informasi, keputusan pergeseran cuti bersama itu diambil dalam rapat yang dipimpin Menko PMK Muhadjir Effendy di Jakarta, Kamis (9/4/2020). Rapat itu juga dihadiri menteri lainnya seperti Menpan-RB, Tjahjo Kumolo.

Sebelumnya, Kemenko PMK melalui keterangan tertulisnya menjelaskan kebijakan tersebut menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Terbatas (Ratas) Antisipasi Mudik Lebaran pada tanggal 2 April 2020.

Dalam rapat tersebut dibahas Imbauan Tidak Mudik dan penggantian Libur Lebaran tahun 2020.


Presiden Jokowi juga sebelumnya telah mengeluarkan kebijakan larangan mudik yang berlaku bagi ASN, TNI/Polri dan pegawai BUMN.

"Kebijakan mudik yang pertama hari ini sudah kita putuskan bahwa untuk ASN, TNI dan Polri serta pegawai BUMN dilarang mudik," kata Jokowi dalam keterangan yang disampaikan melalui telekonfrensi, Kamis (9/4/2020).

Sedangkan untuk masyarakat pada umumnya, Jokowi mengatakan sifatnya hanya sebatas imbauan. Namun demikian, Jokowi menegaskan akan terus dilakukan evaluasi.

"Pembatasan mudik dan kemungkinan adanya larangan mudik, akan kita putuskan setelah melalui evaluasi di lapangan yang dilakukan setiap hari," ujarnya.


Editor : Reza Yunanto