Cegah Corona, Polres Bangli Bagikan Hand Sanitizer dari Arak Bali

Antara ยท Minggu, 05 April 2020 - 19:40 WIB
Cegah Corona, Polres Bangli Bagikan Hand Sanitizer dari Arak Bali
Pengemasan hand sanitizer dari arak bali di Prodi Farmasi Universitas Udayana. (Foto: Antara)

BANGLI, iNews.idPolres Bangli mendistribusikan hand sanitizer berbahan dasar arak Bali untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19). Hand sanitizer itu dibagikan hingga ke jajaran Polsek di Kabupaten Bangli.

"Tim Medis Polres Bangli bersama Tim Penanggulangan Covid-19 telah menyerahkan 100 botol hand sanitizer di tempat pelayanan di wilayah Bangli seperti polsek jajaran di Polres Bangli," kata Kapolres Bangli AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan melalui keterangan tertulis, Minggu (5/4/2020).

Selain untuk jajaran kepolisian, hand sanitizer itu juga didistribusikan ke tempat pelayanan publik seperti Puskesmas di pelosok desa.

Lebih lanjut dia mengatakan, pembuatan hand sanitizer dari arak Bali ini merupakan tindakan preventif dalam menanggulangi penyebaran wabah corona.

Dia berpendapat, di tengah kelangkaan hand sanitizer, inisiatif yang dilakukan Polda Bali Bersama Universitas Udayana (Unud) membuat hand sanitizer dari arak Bali ini, terbukti sangat bermanfaat di masyarakat.

"Dengan tindakan preventif ini dapat bermanfaat bagi kita semua dalam memutus dan mencegah penyebaran virus ini khususnya di wilayah Bangli," ujarnya.

Pembuatan hand sanitizer dari arak Bali adalah inisiatif yang dilakukan Polda Bali menggandeng Prodi Farmasi Unud.

Sebanyak 4.000 liter arak Bali hasil penyitaan yang dilakukan jajaran kepolisian di wilayah Bali dikirim ke Laboratorium Prodi Farmasi Unud untuk diredestilasi menjadi alkohol 96 persen.


Editor : Reza Yunanto