Buang Sampah Sembarangan, Warga Satu Desa di Gianyar Dikepung Bau Busuk Menyengat

Ketut Catur Kusumaningrat · Jumat, 11 Juni 2021 - 11:09:00 WITA
Buang Sampah Sembarangan, Warga Satu Desa di Gianyar Dikepung Bau Busuk Menyengat
Warga Desa Sebatu, Tegallalang, Gianyar, Bali dikepung bau busuk menyengat dari limbah rumah tangga di saluran irigasi. (Foto: iNews.id/Ketut Catur)

GIANYAR, iNews.id - Kebiasaan membuang sampah sembarangan mengakibatkan warga Desa Sebatu, Kecamatan Tegallalang, Gianyar, Bali harus menanggung bau busuk menyengat. Bau tersebut bersumber dari limbah rumah tangga yang tertahan di saluran irigasi.

"Karena limbah rumah tangga disalurkan ke got sehingga memnimbulkan bau, dan ini menyangkut," ujar Kepala Lingkungan Banjar Sebatu, I Gede Sanjaya, Kamis (10/6/2021).

Dia mengatakan, limbah tersebut tertahan di saluran irigasi karena tidak adanya air yang mengaliri saluran irigasi tersebut selama berhari-hari. Hal ini terjadi karena ada proyek perbaikan saluran irigasi yang sedang berjalan. 

"Ini akan dilaksanakan selama enam bulan," ujarnya.

Mengatasi limbah rumah tangga yang menguarkan bau tak sedap itu, BPBD dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Gianyar turun tangan membersihkan saluran irigasi yang dipenuhi limbah rumah tangga itu.

Bersama warga setempat, petugas BPBD dan damkar bergotong-royong menyemprotkan air ke saluran irigasi agar limbah bisa mengalir dan menjauhi permukiman warga.

Editor : Reza Yunanto