BMKG Catat 15 Kali Gempa Susulan di Bali dengan Magnitudo Bervariasi 2,9 hingga 4,7

Antara ยท Kamis, 19 Maret 2020 - 14:15 WIB
BMKG Catat 15 Kali Gempa Susulan di Bali dengan Magnitudo Bervariasi 2,9 hingga 4,7
Bali diguncang gempa bermagnitudo 6,3, Kamis (19/3/2020) dinihari pukul 00.45 Wita. (Foto: BMKG)

DENPASAR, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Denpasar mencatat terjadi 15 kali gempa bumi susulan setelah gempa bumi magnitudo 6,3 yang mengguncang Bali dini hari tadi. Magnitudo gempa bervariasi mulai dari 2,9 hingga 4,7.

"Kami mencatat ada 15 kali gempa susulan yang terjadi dalam rentang waktu antara pukul 01.01 WIB hingga pukul 10.31 WIB siang ini," kata Staf Pusat Gempa BMKG Regional III Denpasar, Ein Nuzulul Laily, Kamis (19/3/2020).

Dia mengatakan, getaran gempa yang semula M6,6 telah dimutakhirkan menjadi M6,3. Pusat lokasi gempa berada di arah barat daya dan tenggara Nusa Dua, Bali dengan kedalaman 10 km.

Menurutnya, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi pada dini hari tadi itu merupakan jenis gempa bumi dangkal yang disebabkan oleh aktivitas subduksi.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault)," katanya.

Terkait gempa bumi itu, dia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi seperti media sosial dan website," katanya


Editor : Reza Yunanto