Gempa Bumi Bali M6,6 Terjadi Kamis Dini Hari, Terasa hingga di NTB dan NTT

Kastolani ยท Kamis, 19 Maret 2020 - 02:01 WIB
Gempa Bumi Bali M6,6 Terjadi Kamis Dini Hari, Terasa hingga di NTB dan NTT
Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Gempa bumi hari ini bermagnitudo 6,6 mengguncang Kuta Selatan, Kabupaten Badung dan Kota Denpasar, Provinsi Bali, Kamis dini hari (19/3/2020), pukul 00.45 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa tidak berpotensi tsunami.

Menurut analisis BMKG, episenter gempa bumi berlokasi di titik koordinat 11,25 Lintang Selatan (LS) dan 115,09 Bujur Timur (BT).

Pusat gempa bumi tepatnya berada di laut, berjarak 273 kilometer (km) dari arah Barat Daya Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Sementara kedalaman gempa bumi mencapai 10 km.

Berdasarkan laporan yang diterima BMKG dari masyarakat, guncangan gempa dirasakan dalam skala intensitas IV MMI di Denpasar. Selain di Provinsi Bali, guncangan gempa juga terasa hingga wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Di Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Barat, guncangan gempa dirasakan dalam skala intensitas IV MMI. Sementara di Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu, dan Kabupaten Lombok Utara, guncangan gempa dirasakan dalam skala intensitas III MMI.

"#Gempa Mag:6.6, 19/03/2020 00:45:37 (Pusat gempa di laut 273 km baratdaya Kuta Selatan), Kedlmn:10 Km Dirasakan (MMI) IV Lombok Tengah, IV Lombok Timur, IV Lombok Barat, IV Denpasar, III Sumbawa Barat, III Kab. Sumbawa, III Bima, III Dompu, III Lombok Utara, #BMKG," kata BMKG dalam akun Twitter @infoBMKG.

Hingga kini, BMKG belum menerima laporan dari masyarakat mengenai dampak gempa bumi yang menimbulkan kerusakan bangunan maupun korban jiwa.


Editor : Maria Christina