Begini Aktivitas Warga Desa Bondalem Bali usai Jalani Karantina Wilayah

Pande Wismaya ยท Minggu, 17 Mei 2020 - 11:00 WIB
Begini Aktivitas Warga Desa Bondalem Bali usai Jalani Karantina Wilayah
Aktivitas warga di Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali mulai normal pascakarantina wilayah, Minggu (17/5/2020). (Foto: iNews/Pande Wismaya)

BALI, iNews.id -Warga di Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali hari ini, Minggu (17/5/2020) mengakhiri masa karantina wilayah. Warga di desa tersebut mulai melakukan aktivitas, namun tetap mengikuti protokol kesehatan.

Dari pantauan iNews, situasi di jalan utama Desa Bondalem, mulai ramai. Pemerintah kabupaten telah mencabut masa karantina desa tersebut pascakasus transmisi lokal. Pemerintah desa setempat langsung menyosialisasikan pencabutan masa karantina desa ke pada warga dengan menggunakan mobil keliling.

Warga sudah bisa beraktivitas secara normal, namun tetap mengutamakan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, menjaga jarak dan juga pola hidup bersih dan sehat. Salah satu warga desa, Nyoman Dudarsini merasa masih khawatiran dengan wabah tersebut, namun dia bersyukur bisa membuka warungnya kembali.

"Senang bisa buka lagi. Subuh tadi langsung buka, nanti jam 4 sudah tutup," ucap Nyoman, Minggu (17/5/2020).

Kepala Desa Bondalem, Ngurah Sadu Adnyana mengatakan untuk pasar masih ditutup sementara waktu. Para pedagang diminta berjualan di rumah masing-masing untuk mengurai kerumunan.

"Pasar tetap kami urai dulu, jadi enggak fokus satu tempat. Acara agama juga masih dibatasi sambil menunggu keputusan dari kabupten," ucapnya.

Hingga Minggu (17/5/2020) masih ada 14 warga Desa Bondalem terkonfirmasi positif Covid-19 dirawat di RS Giri Emas. Kemudian, sebanyak 3 orang dirawat di RS Sanglah.


Editor : Nani Suherni