Beda dari Daerah Lain, Nomor Urut Paslon Peserta Pilkada Karangasem Tak Diundi

Yunda Ariesta ยท Kamis, 24 September 2020 - 16:07:00 WITA
Beda dari Daerah Lain, Nomor Urut Paslon Peserta Pilkada Karangasem Tak Diundi
Paslon Bupati-Wakil Bupati Karangasem I Gede Dana dan I Wayan Artha Dipa menunjukkan nomor urut 1, sebaga nomor urut mereka di Pilkada Karangasem, Bali, Kamis (25/9/2020). (Foto: iNews/Yunda Ariesta)

KARANGASEM, iNews.idPenetapan nomor urut pasangan calon (paslon) kepala daerah peserta Pilkada Karangasem Tahun 2020 berbeda dengan daerah lain yang dilakukan lewat pengundian. Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat menetapkan nomor urut paslon sesuai nomor pendaftaran.

Ketua KPU Karangasem Krisna Adi Widana mengatakan, cara ini diambil KPU Karangasem karena dua pasangan paslon yang mendaftar tidak berada dalam satu tahapan. Kondisi salah satu paslon yang sempat terpapar Covid-19 membuat pasangan tersebut harus mengikuti tahapan dengan perpanjangan waktu.

Hingga kini, KPU juga baru menetapkan satu paslon peserta Pilkada Serentak 2020 di Karangasem, yakni I Gede Dana dan I Wayan Artha Dipa. Tanpa proses pengundian, secara otomatis paslon ini mendapat nomor urut 1. Diketahui, paslon ini menjadi pendaftar pertama kali pada 4 September lalu.

“Dalam klausul surat dinas KPU disebutkan, jika KPU sudah menetapkan satu bakal pasangan calon menjadi pasangan calon, maka kemudian dilanjutkan dengan memberikan satu angka yang pertama, seperti tadi, paslon I Gede Dana dan I Wayan Artha Dipa dapat angka 1,” kata Krisna Adi Widana.

Selanjutnya, proses pengambilan nomor undi diperpanjang hingga 4 Oktober nanti. Paslon Mas Sumatri dan Made Sukarena yang sudah mendaftar namun tertunda mengikuti tahapan karena Sukarena sempat terpapar Covid-19, secara otomatis akan mendapat nomor urut 2.

Sementara paslon I Gede Dana dan Artha Dipa optimistis dengan mendapat nomor urut satu, paslon yang diusung PDI Perjuangan dan Partai Hanura ini akan lebih mudah mengampanyekan program satu jalur ke pemerintah provinsi dan nasional. Sebab, Bali dan Indonesia saat ini juga dipimpin kader yang diusung PDIP.

“Kami mengucapkan syukur kepada Tuhan karena memberikan kami nomor urut satu. Kami berharap ini menjadi keberuntungan bagi kami. Selama ini, lami selalu berdoa agar kami diberikan yang pertama,” kata I Gede Dana, usai mendapatkan nomor urut.


Editor : Maria Christina