2 Paslon Pilkada Denpasar Sepakat Tak Gelar Konser Musik dan Rapat Terbuka saat Kampanye

Antara · Kamis, 24 September 2020 - 12:58:00 WITA
2 Paslon Pilkada Denpasar Sepakat Tak Gelar Konser Musik dan Rapat Terbuka saat Kampanye
Ketua KPU Kota Denpasar I Wayan Arsa Jaya didampingi jajaran komisioner saat memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Tahapan Kampanye dan Pelaporan Dana Kampanye. (Foto: Istimewa)

DENPASAR, iNews.id - Kedua pasangan calon (paslon) peserta Pilkada Kota Denpasar sepakat untuk tidak mengadakan konser musik konvensional dalam masa pelaksanaan kampanye pada 26 September-5 Desember 2020. Keduanya juga sepakat tak akan menggelar rapat umum terbuka.

Kesepakatan ini disampaikan pihak paslon I Gusti Ngurah Jayanegara dan I Kadek Agus Arya Wibawa, serta paslon Gede Ngurah Ambara Putra dan Made Bagus Kertha Negara, dalam Rapat Koordinasi Persiapan Tahapan Kampanye dan Pelaporan Dana Kampanye yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar, Rabu (23/9/2020).

"Perwakilan pasangan calon sepakat tidak mengadakan rapat umum secara konvensional, tetapi melalui daring. Begitu juga dengan konser musik akan dilakukan secara daring," kata Ketua KPU Kota Denpasar I Wayan Arsa Jaya.

Menurut Arsa, rapat itu bertujuan untuk berkoordinasi dan menyamakan persepsi antara pihak penyelenggara dengan peserta pemilihan, terkait pelaksanaan tahapan kampanye. Rapat juga membahas pelaporan dana kampanye pasangan calon untuk Pilkada Serentak 2020 yang digelar 9 Desember mendatang.

"Dari hasil rakor tadi, peserta menyepakati beberapa hal terkait pelaksanaan kampanye dan dana kampanye. Sebelumnya beberapa waktu lalu juga sudah ada beberapa hal yang disampaikan terkait kampanye yakni paslon sepakat tidak menggunakan alat peraga kampanye tambahan demi terwujudnya Pilwali Kota Denpasar 2020 yang damai dengan minimnya APK," katanya.

Secara rinci, terdapat 10 kesepakatan tentang penetapan teknis kampanye pasangan calon dalam Pilwali Kota Denpasar. Pertama, tim kampanye/LO pasangan calon sepakat mewujudkan dan mendeklarasikan Pemiļihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Denpasar Tahun 2020 yang damai, patuh protokol kesehatan dan ramah lingkungan.

Selanjutnya sepakat tidak mengadakan rapat umum secara konvensional tetapi melalui daring, sepakat tidak mengadakan konser musik secara konvensional tetapi melalui daring. Sepakat bahwa hari kampanye di luar hari pembukaan dan penutupan masa kampanye, debat terbuka dan hari besar keagamaan.


Editor : Maria Christina