Bebas dari Lapas, Mantan Wagub Bali Ketut Sudikerta Jalani Asimilasi dan Wajib Lapor

Antara · Kamis, 24 Februari 2022 - 09:48:00 WITA
Bebas dari Lapas, Mantan Wagub Bali Ketut Sudikerta Jalani Asimilasi dan Wajib Lapor
Mantan Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta (tengah baju putih) dan empat warga binaan pemasyarakatan (WBP) bebas dari Lapas Kerobokan untuk menjalani asimilasi. (Foto: Kemenkumham Bali).

DENPASAR, iNews.id - Mantan Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta bebas dan tak lagi menghuni Lapas Kerobokan. Dia mendapatkan asimilasi di rumah.

"I Ketut Sudikerta bersama empat warga binaan pemasyarakatan (WBP) lainnya telah memenuhi syarat untuk diberikan asimilasi di rumah," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Bali, Jamaruli Manihuruk melalui keterangan tertulisnya, Kamis (24/2/2022).

Dia menjelaskan, I Ketut Sudikerta dan empat WBP tersebut tetap diwajibkan melapor selama menjalani asimilasi untuk memastikan tidak melakukan perbuatan melanggar hukum.

"Kelima warga binaan tersebut harus wajib lapor ke Balai Pemasyarakatan yaitu Bapas Kelas I Denpasar," kata Jamaruli.

Menurut Jamaruli, I Ketut Sudikerta telah memenuhi syarat menerima asimiliasi berdasarkan Pasal 45 Ayat (1), Permenkumham 43 Tahun 2021. Dia dan empat WBP penerima asimilasi sudah menjalani 2/3 masa tahanan. 

I Ketut Sudikerta divonis pidana penjara enam tahun dan denda Rp500 juta subsider empat bulan dalam penipuan dan pencucian uang.

Seharusnya, mantan politisi Partai Golkar ini baru bebas pada Juli 2022. Namun adanya remisi pandemi Covid-19 membuat dia bisa bebas lebih cepat.

Sedangkan empat WBP lain yang menerima asimilasi adalah, Mulyadi, Hapsak Okto Ronaldo, I Made Tiste, dan Edi Suprapto.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: