Bali Tidak Lockdown, Wayan Koster: Bisa Bahaya

Sindonews.com, Antara, Miftachul Chusna ยท Selasa, 17 Maret 2020 - 10:55 WIB
Bali Tidak Lockdown, Wayan Koster: Bisa Bahaya
Gubernur Bali Wayan Koster (Foto: Antara)

DENPASAR, iNews.id – Gubernur Wayan Koster menegaskan tidak akan menerapkan lockdown untuk Provinsi Bali. Menurutnya, lockdown justru akan membahayakan masyarakat Bali.

“Kalau lockdown bisa bahaya,” ujar Koster di rumah Jabatan Jayasabha, Senin (16/3/2020) malam.

Koster mengungkapkan alasan mengapa tidak menerapkan lockdown untuk Bali. Salah satu alasannya karena hampir seluruh pasokan kebutuhan didatangkan dari luar Bali, termasuk dari luar negeri.

“Kita tidak akan menutup,” ujar Koster menegaskan.

Selain itu, Koster mempertimbangkan Bali sebagai tujuan destinasi wisata dunia. Dia mengatakan, tidak akan melarang wisatawan asing mengunjungi Bali.

"Orang (turis) masuk ke Bali, itu kebijakan setiap negara. Sejauh ini tidak ada masalah. Pemeriksaan di bandara berjalan bagus," katanya.

Sebelumnya, Koster menyampaikan Bali ditetapkan dalam status siaga menghadapi penularan virus korona.

Selain membentuk Satgas Penanggulangan Covid-19 yang dipimpin Sekretaris Daerah Bali Dewa Made Indra, sejumlah imbauan juga dikeluarkan Koster.

Koster mengimbau agar menjaga jarak antarwarga, mengurangi perjumpaan, dan menghindari kontak fisik yang tak perlu.

Warga diiimbau untuk mengadakan pertemuan secara jarak jauh. Menghindari tempat-tempat yang berpotensi menjadi wahana penularan dan tunda semua kegiatan pengumpulan orang banyak.

“Menjauhi tempat-tempat berkumpulnya orang banyak dan jangan bepergian ke luar kota atau pulang kampung," ucap Koster.

Terkait kegiatan keagamaan, Koster mengimbau sebisa mungkin dikerjakan di rumah. Termasuk acara keluarga yang mengundang banyak orang.

"Terkait kegiatan keagamaan sebisanya dilakukan di rumah saja dan diupayakan tidak mengumpulkan orang banyak, serta tunda kegiatan resepsi dan keramaian," katanya.


Editor : Reza Yunanto