Bali-Nusa Tenggara Hadapi Ancaman Kekeringan, BNPB Minta Pemda Siap Siaga

Antara · Rabu, 01 September 2021 - 16:25:00 WITA
Bali-Nusa Tenggara Hadapi Ancaman Kekeringan, BNPB Minta Pemda Siap Siaga
BNPB meminta Bali dan Nusa Tenggara bersiap menghadapi bencana kekeringan meteorologis. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta sejumlah daerah bersiap menghadapi bencana kekeringan meteorologis. Di antara yang berpotensi mengalami kekeringan itu yakni Bali dan Nusa Tenggara.

"Potensi bahaya yang perlu diantisipasi yaitu berkurangnya persediaan air untuk kebutuhan rumah tangga dan pertanian, kebakaran semak, hutan, lahan dan permukiman," ujar Deputi Bidang Pencegahan BNPB, Prasinta Dewi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (1/9/2021).

Prasinta menjelaskan, melalui surat nomor B-121/BNPB/DII/BP.03.02/08/2021, BNPB telah menyampaikan peringatan dini dan langkah-langkah kesiapsiagaan menghadapi bencana kekeringan meteorologis.

Hal ini didukung dengan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengenai adanya indikasi potensi kekeringan hidrometeorologis hingga dua dasarian (10 hari) ke depan.

Terhadap potensi bencana itu, BNPB mengimbau pemerintah daerah melakukan pemantauan dan peninjauan lapangan untuk mengantisipasi dan menangani terjadinya kekeringan serta potensi kebakaran hutan, lahan dan semak.

Editor : Reza Yunanto

Follow Berita iNewsBali di Google News

Bagikan Artikel: