Anak 10 Tahun Putri Staf Laboratorium RSUP Sanglah Positif Covid-19

dewi umaryati ยท Rabu, 20 Mei 2020 - 20:01 WIB
Anak 10 Tahun Putri Staf Laboratorium RSUP Sanglah Positif Covid-19
Ilustrasi tes Covid-19. (Foto: Istimewa)

DENPASAR, iNews.d – Seorang anak perempuan usia 10 tahun terpapar Covid-19. Pasien ini merupakan putri dari staf Laboratorium Mikrobiologi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar, yang telah lebih dulu terinfeksi virus corona.

Temuan transmisi lokal ini diumumkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, Dewa Gede Rai. “Sekarang ibu dan anak ini sudah diisolasi di RSUP Sanglah,” kata Dewa Rai, Rabu (20/5/2020).

Dari seluruh keluarga staf perempuan laboratorium ini, hanya anak ini yang menunjukkan hasil positif.

“Sementara suami yang juga ayah dari anak ini hasil swabnya negatif,” katanya. Meski demikian, seluruh keluarga dan para tetangga dari hasil tracing berjumlah 18 orang tengah menjalani karantina mandiri selama 14 hari di rumah, kawasan Kesiman, Denpasar Timur.

“Ya, mereka menjalani karantina mandiri, yang diawasi satgas desa dan gugus tugas,” kata Dewa Rai.

Selain ada penambahan kasus positif, juga ada kabar menggembirakan. Satu pasien Covid-19 dari Desa Sanur Kauh, Denpasar Selatan dinyatakan sembuh.

Melihat perkembangan kasus ini, Dewa Rai mengingatkan masyarakat selalu waspada dan jangan pulang kampung terlebih dahulu. “Masih adanya orang berstatus tanpa gejala (OTG), membuat masyarakat harus lebih waspada,” pesan Dewa Rai.

Masyarakat juga diimbau untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, menghindari kerumunan, yang rawan terjadinya transmisi lokal. “Kita tidak pernah mengetahui siapa yang membawa virus, karena banyak yang terpapar Covid-19 ini tidak menunjukkan gejala,” kata Dewa Rai.

Dibutuhkan kedisiplinan semua pihak, agar wabah ini cepat berakhir. Kasus positif Kota Denpasar berjumlah 72, yaitu 54 orang sembuh, 2 orang meninggal, dan 16 orang dalam perawatan.

Selain itu, kumulatif OTG di Kota Denpasar ada 440 kasus, dan tersisa 345 OTG. Orang Dalam Pemantauan (ODP) tercatat 302 kasus, yang dinyatakan sehat sebanyak 229, dan masih tersisa 73 ODP.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) secara kumulatif ada 51 kasus, 14 orang dinyatakan negatif setelah dites swab sehingga tersisa 37 orang.


Editor : Dewi Umaryati