Staf Laboratorium RSUP Sanglah Positif Covid-19

dewi umaryati ยท Rabu, 20 Mei 2020 - 12:13 WIB
Staf Laboratorium RSUP Sanglah Positif Covid-19
Ilustrasi swab test Covid-19. (Foto: Istimewa)

DENPASAR, iNews.id – Seorang staf administrasi di Laboratorium Mikrobiologi RSUP Sanglah Denpasar, dinyatakan positif Covid-19. Kini staf berjenis kelamin perempuan ini telah diisolasi di RSUP Sanglah Denpasar.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, Dewa Gede Rai menjelaskan staf ini dinyatakan positif setelah ada tes swab yang dilakukan pihak rumah sakit. “Setelah ada informasi kasus positif ini, dari gugus tugas melakukan surveilans ke tempat tinggalnya,” kata Dewa Rai, saat dihubungi iNews.id Rabu (20/5/2020).

Hasil dari tracing di tempat tinggalnya kawasan Kesiman, Denpasar ada 19 orang yang diketahui pernah kontak langsung dengan pasien. “Kita masukkan sebagai Orang Tanpa Gejala atau OTG,” katanya.

Ke-19 orang itu terdiri atas keluarga dan juga tetangga di sekitar rumah. “Mereka semuanya sedang menjalani karantina mandiri di rumah, diawasi satgas desa,” ucap Dewa Rai. Sementara dari keluarga sudah diambil swabnya.

Selama isolasi, seluruh kebutuhan dipenuhi pemerintah. Jika ada yang tidak disiplin menjalankan karantina mandiri, terpaksa akan dijemput tim gugus tugas untuk dibawa ke rumah singgah atau hotel yang disiapkan pemerintah.

Menurut Dewa Rai, kasus ini termasuk transmisi lokal karena yang bersangkutan tidak memiliki riwayat bepergian ke negara atau daerah terjangkit Covid-19. Dia mengaku masih menelusuri dugaan staf lab ini terpapar Covid-19.

Dari petugas dan rekan kerjanya di RSUP Sanglah sudah dites swab hasilnya negatif. “Kita belum tahu di mana terpapar virus corona. Bisa saja yang bersangkutan bertemu dengan orang di luar, ke ATM, ke pasar,” kata Dewa Rai.

Dia menjelaskan penularan Covid-19 ini bisa terjadi di mana saja, sehingga inilah alasan Kota Denpasar memberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM).

Saat ini jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Denpasar ada 71 kasus. Sebanyak 53 orang berhasil sembuh, 16 orang masih dirawat, dan yang meninggal ada dua orang

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Sanglah Denpasar, Arya Warsaba Sthiraprana Duarsa membenarkan hal ini. “Iya benar, ada staf di lab kita yang terpapar Covid-19,” kata Arya Duarsa.

Dia juga memastikan bahwa yang bersangkutan tidak tertular di lingkungan kerja, karena seluruh staf dan rekannya yang dites swab menunjukkan hasil negatif. “Kemungkinan tertularnya di lingkungan rumah atau luar rumah sakit, karena ada satu anggota keluarganya yang dites swab hasilnya positif,” katanya.


Editor : Dewi Umaryati