1.671 Napi di Bali Dapat Remisi HUT RI, 37 Orang Langsung Bebas

dewi umaryati ยท Senin, 17 Agustus 2020 - 18:45:00 WITA
1.671 Napi di Bali Dapat Remisi HUT RI, 37 Orang Langsung Bebas
Lapas Kerobokan Bali (Antara)

DENPASAR, iNews.id – Sebanyak 1.671 narapidana di Bali mendapat remisi khusus HUT ke-75 RI. Dari jumlah itu, 37 orang napi langsung bebas.

Penyerahan remisi umum untuk narapidana dewasa dan anak di hari kemerdekaan ini berlangsung secara virtual. Hal tersebut dilakukan karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

“Remisi ini diberikan pemerintah kepada warga binaan pemasyarakatan sebagai wujud hak asasi manusia, sesuai kriteria dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Bali, Jamaruli Manihuruk, melalui keterangan tertulis, Senin (17/8/2020)

Pemberian remisi umum dilakukan Gubernur Bali Wayan Koster didampingi Jamaruli Manihuruk, serta Kepala Divisi Pemasyarakatan, Suprapto, di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA kerobokan.

Dari 2.506 jumlah narapidana di seluruh Bali, hanya 1.671 orang saja yang memenuhi syarat untuk mendapat remisi khusus atau pengurangan masa hukuman. Jumlah remisi yang diberikan pun bervariasi, mulai dari satu sampai enam bulan.

Syarat napi yang menerima remisi di antaranya berkelakuan baik, tidak sedang menjalani hukuman disiplin dalam kurun waktu enam bulan terakhir terhitung sebelum tanggal pemberian remisi, telah menjalani masa pidana lebih dari enam bulan.

Sedangkan 37 napi langsung bebas, setelah sisa masa hukuman yang harus dijalani telah habis jika dikurangi dengan jumlah remisi yang diterima. Setelah bebas, para warga binaan ini dapat kembali diterima di lingkungan keluarga dan masyarakat, sehingga tidak mengulangi tindak pidananya.


Editor : Reza Yunanto