11 PMI Asal Bali Telantar di Turki Dipulangkan Hari Ini, 18 Tunggu Proses Administrasi

Chusna Mohammad · Jumat, 08 April 2022 - 10:13:00 WITA
11 PMI Asal Bali Telantar di Turki Dipulangkan Hari Ini, 18 Tunggu Proses Administrasi
Evakuasi belasan PMI asal Bali yang telantar di Turki. (Foto: Kemenlu).

DENPASAR, iNews.id - Sebanyak sebelas pekerja migran Indonesia (PMI) asal Bali yang telantar di Turki akhirnya dipulangkan ke Indonesia. Namun masih ada 18 yang tertahan untuk menyelesaikan administrasi. 

Sebelas orang tersebut diterbangkan dari Bandara Istanbul dengan maskapai Turkish Airline menuju Bandara Soekarno-Hatta. 

"Dilihat dari jadwal, diperkirakan tiba nanti sore pukul 17.35 WIB," kata I Putu Astika Adnyana, pengacara para pekerja migran, Jumat (8/4/2022). 

Setibanya di Jakarta, sebelas pekerja migran itu akan menjalani karantina selama tiga hari. Setelah itu, mereka akan dipulangkan ke Bali. 

Menurut Adnyana, para pekerja itu seharusnya pulang 28 Maret 2022 lalu dengan pembiayaan dari agen yang memberangkatkan mereka.

Namun dua hari sebelum tanggal pemulangan, pihak agen menyampaikan kepada KBRI di Ankara jika tidak sanggup membelikan tiket penerbangan. Mereka akhirnya dipulangkan dengan pembiayaan dari pemerintah. 

Astawa menambahkan, saat ini masih ada 18 pekerja migran yang masih tertahan di Turki. "Mereka masih menunggu proses administrasi," ujarnya. 

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: