Kapal Motor (KM) Mutiara Timur 1 terbakar di Selat Bali, Rabu (16/11/2022). (Foto: Chusna Muhammad).
Chusna Mohammad

DENPASAR, iNews.id - Kapal Motor (KM) Mutiara Timur I yang sempat terbakar di perairan Karangasem, Bali akhirnya tenggelam, Kamis (17/11/2022) sore. Kapal ini terbakar saat pelayaran sejak Rabu (16/11/2022).

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padangbai Ni Luh Putu Eka Suyasmin mengatakan, posisi kapal berada di selat Lombok atau bergeser dari lokasi tenggelam sebelumnya. Belum diketahui penyebab tenggelamnya kapal berpenumpang 234 orang dan 24 ABK tersebut.

"Kapal dalam posisi miring sore tadi dan akhirnya tenggelam," ujarnya, Kamis (17/11/2022).

Menurutnya, kapal sudah dalam posisi miring ketika tim pemadam tiba di lokasi tepat pukul 16.42 WITA. Saat ini seluruh badan kapal telah tenggelam ke dasar laut

Dia menambahkan, proses evakuasi dihentikan seiring dengan tenggelamnya kapal.

"Prioritas saat ini memberikan peringatan kepada kapal-kapal yang akan melalui jalur itu," katanya. 

Sebelumnya, KM Mutiara Timur I terbakar di perairan Amed, Karangasem, Rabu (16/11/2022). Seluruh penumpang dan ABK berhasil diselamatkan tim SAR gabungan. 

Kapal ini diketahui berangkat dari Pelabuhan Ketapang, Bayuwangi Jawa Timur menuju Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Soal penyebab kapal terbakar saat ini masih dalam proses penyelidikan.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT