Menparekraf Sandiaga Uno saat berbicara di depan Forum Menteri Pariwisata (Tourism Ministerial Meeting) negara anggota G20 di Grand Hyatt Hotel, Nusa Dua, Bali, Senin (26/9/2022). (Foto : Ist)
Chusna Mohammad

DENPASAR, iNews.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia menuju kualitas yang makin baik. Hal itu terlihat dari sisi lama kunjungan dan kualitas belanja mereka. 

"Target Indonesia menuju pariwisata yang berkualitas berjalan dengan baik," kata Sandiaga di depan Forum Menteri Pariwisata (Tourism Ministerial Meeting) negara anggota G20 di Grand Hyatt Hotel, Nusa Dua, Bali, Senin (26/9/2022) malam. 

Dia menyebutkan, saat ini jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia terus meningkat, baik dari sisi lama kunjungan (length of stay) serta kualitas belanja (average spending per arrival). 

Sebelumnya, length of stay wisman di bawah 3 hari, namun sekarang sudah menuju 3 sampai 4 hari. Begitu pun belanja yang biasa ditargetkan USD 1.000, sekarang sudah meningkat 20 persen sampai USD 1.200.

Dengan peningkatan itu, devisa yang dihasilkan pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi penyumbang nomor dua dari pendapatan negara.

"Kita harapkan momentum ini akan terus kita bisa kawal," ujar Sandiaga.  

Dia menargetkan 3,6 juta wisman berkunjung ke Indonesia sampai akhir tahun nanti.

"Kebangkitan bukan hanya melihat angka-angka tetapi juga kualitasnya," ucapnya. 

Jika target itu tercapai, dia optimistis kunjungan wisman tahun depan bisa tembus angka 4 juta.

"Tahun depan kalau jumlah kunjungan wisman stabil di angka 10.000 sampai 15.000 per hari, kita akan kembali di level 4 juta (kunjungan)," ujar Sandiaga.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT