Menparekraf Sandiaga Uno bersama Sekretaris Jenderal UNWTO Zurab Pololikashvili. (Foto : ist)
Chusna Mohammad

DENPASAR, iNews.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan Organisasi pariwisata dunia (UNWTO) mengapresiasi upaya Indonesia menangani pandemi dan mendorong kebangkitan pariwisata. Bahkan penanganan pandemi yang berhasil telah memberikan dampak besar terhadap kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja dalam semangat pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. 

"UNWTO menilai kita berhasil menangani pandemi dan juga mendorong kebangkitan pariwisata," ujar Sandiaga dalam konferensi pers, Senin (26/9/2022) malam. 

Menurutnya, penilaian tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal UNWTO Zurab Pololikashvili dalam pertemuan tingkat Menteri Pariwisata (Tourism Ministerial Meeting) negara anggota G20 di Grand Hyatt Hotel, Nusa Dua, Bali. 

Dia mengungkapkan, UNWTO menilai Indonesia berhasil dalam meningkatkan daya saing pariwisata di level dunia. Berdasarkan laporan Travel Tourism and Development Index (TTDI) yang dikeluarkan World Economic Forum (WEF) Indonesia naik 12 peringkat ke posisi 32 dunia.

Indonesia berhasil mengungguli negara-negara di Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand dan Vietnam. 

Ke depan, Indonesia dianggap bisa membawa kepemimpinan dari segi wisata berbasis kebugaran dan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan ini juga mendapatkan tempat yang khusus dalam kebangkitan ini. 

"Tadi UNWTO juga menggarisbawahi untuk kemungkinan forum investasi besar pariwisata dunia juga akan dibawa ke Indonesia tahun depan, juga wellness tourism," kata Sandiaga. 

Dalam pertemuan, Pololikashvili juga menyampaikan keberhasilan Indonesia menjuarai desa wisata dalam tingkat global.

"Keberhasilan Indonesia menjuarai desa wisata ini menginspirasi banyak negara untuk mengembangkan potensi-potensi rural tourism atau desa wisata di masing-masing destinasi," ujar Sandiaga. 


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT