Warga Bali yang Positif Virus Corona Akan Dibantu Biaya Hidup Selama Diisolasi

Antara ยท Rabu, 25 Maret 2020 - 20:30 WIB
Warga Bali yang Positif Virus Corona Akan Dibantu Biaya Hidup Selama Diisolasi
Pasien virus korona di RSUD Sanjiwani Gianyar dirujuk ke RSUD Tabanan, Bali, Selasa (3/3/2020). (Foto: iNews.id/Nyoman Astana)

DENPASAR, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar, Bali menyiapkan anggaran sebesar Rp3,6 miliar untuk menangani pandemi virus corona atau Covid-19. Dana tersebut akan diberikan kepada warga yang dinyatakan positif terinfeksi virus tersebut.

"Dengan catatan ekonomi menengah ke bawah atau warga yang kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan keluarga selama proses masa isolasi," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar Dewa Gede Rai di Denpasar, Rabu (24/3/2020).

Dia menambahkan, anggaran tersebut khusus diberikan bagi warga yang kepala keluarga atau tulang punggung keluarganya dinyatakan positif terinfeksi.

Sebab kepala keluarga yang dinyatakan positif harus meninggalkan pekerjaan karena di rawat untuk diisolasi hingga sembuh total.

"Keluarga inilah yang kita akan tanggung kebutuhan pokoknya, paling tidak dapat meringankan beban hidup keluarga untuk kebutuhan sehari-harinya, seperti bahan pokok yang kita juga sudah rencanakan," katanya.

Menurutnya, dana sebesar Rp3,6 miliar itu disiapkan pada fase pertama. Anggaran tersebut digunakan khusus dalam mitigasi, sosialisasi, dan penanganan-penanganan lainnya yang berkaitan dengan virus corona.

Sementara fase kedua jika memang berlanjut, maka Pemkot telah menyiapkan anggaran sebesar Rp25 miliar.

Bahkan untuk fase ketiga jika memang pandemi terus berlanjut, akan dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp100 miliar untuk menanggulangi virus tersebut.

"Kita berupaya pada fase pertama dulu. Jika berlanjut itu tahapan-tahapan yang kita siapkan untuk penganggarannya," katanya.


Editor : Reza Yunanto