Wagub Bali Minta Desa Perbanyak Isoter agar Pasien Covid-19 Mau Pindah

Antara · Kamis, 26 Agustus 2021 - 09:46:00 WITA
Wagub Bali Minta Desa Perbanyak Isoter agar Pasien Covid-19 Mau Pindah
Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana (Antara)

DENPASAR, iNews.id - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana meminta pemerintahan desa memperbanyak lokasi isolasi terpusat (isoter). Sejumlah pasien Covid-19 enggan karantina di isoter yang jauh dari tempat tinggal.

"Saya meyakini isoter berbasis desa sangat bagus diterapkan di Bali, karena sesuai dengan kearifan lokal kita," ujar pria yang akrab disapa Cok Ace ini usai rapat koordinasi di Gianyar, Rabu (25/8/2021).

Cok Ace mengatakan, menjalani karantina di hotel atau isoter yang lokasinya jauh dari tempat tinggal bisa menimbulkan ketidaknyamanan bagi pasien Covid-19.

Isoter di desa setempat bisa dijadikan solusi agar warga yang terpapar Covid-19 bersedia pindah dan tidak lagi isolasi mandiri di rumah.

"Menurut Bapak Menko, tingginya angka kasus di Bali karena banyak pasien orang tanpa gejala dan gejala ringan yang menjalankan isolasi mandiri," tuturnya.

Cok Ace berharap, tiga zona hijau di Bali yakni Ubud Gianyar, Sanur Denpasar, dan Nusa Dua Badung bisa menerapkan ini untuk mengontrol penularan Covid-19.

"Di Ubud sebagai salah satu green zone bersama dengan Sanur dan Nusa Dua. Saya berharap isoter berbasis desa ini membuahkan hasil dalam menekan laju penyebaran virus," tuturnya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: