Update Kasus Dugaan Kekerasan Seksual di Unud, LBH Bali Siap Berikan Data

Indira Arri · Kamis, 25 November 2021 - 08:12:00 WITA
Update Kasus Dugaan Kekerasan Seksual di Unud, LBH Bali Siap Berikan Data
Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bali kembali buka suara terkait tudingan validita data korban dugaan kekerasan seksual di Universitas Udayana. (Foto: iNews/Indira Arri)

DENPASAR, iNews.id - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bali kembali buka suara terkait tudingan validitas data korban dugaan kekerasan seksual di Universitas Udayana. LBH Bali memastikan data yang diberikan terkumpul sejak tahun 2020.

Direktur LBH Bali, Ni Kadek Vany Primaliraning mengatakan, datanya dapat dipertanggungjawabkan. Data yang dikumpulkan tahun 2020 itu hasil 
dari Serikat Perempuan Indonesia (Seruni Bali) dan BEM Universitas Udayana

Bahkan, BEM Unud membuka pos pengaduan dugaan kekerasan seksual melalui survey google form. Terdata sebanyak 42 orang mahasiswa di kampus ini yang diduga menjadi korban pelecehan seksual yang dilakukan oleh mahasiswa, dosen, staff, pedagang hingga kuli bangunan.

Namun, tak satu pun dari 42 pengaduan tersebut yang berujung di pelaporan polisi. LBH Bali pun mengaku kesulitan membawa kasus tersebut ke ranah hukum  mengingat efek traumatis korban.

Namun, menjawab keraguan pihak rektorat, Vany menegaskan bahwa survey yang mereka lakukan bukan survey akademik dengan subjek random. Pengisi kuisioner diberikan kepada mereka yang pernah mengalami secara langsung atau mengetahui informasi adanya aksi pelecehan seksual di lingkungan kampus.

"Ini jelas berbeda dengan survey akademik. Kalau dia korban pasti dia akan sangat mudah mengisi. Dia akan menceritakan bagaiamana," ucapnya.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: