Transmisi Lokal, Tetangga Sopir Barang Jawa-Bali di Buleleng Positif Covid-19

dewi umaryati ยท Jumat, 05 Juni 2020 - 16:24 WIB
Transmisi Lokal, Tetangga Sopir Barang Jawa-Bali di Buleleng Positif Covid-19
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Istimewa)

BULELENG, iNews.id - Kabupaten Buleleng, Bali kembali mencatat penambahan kasus positif terjangkit virus corona (Covid-19). Kasus terbaru ini seorang warga Kecamatan Seririt yang merupakan tetangga dari seorang sopir pengangkut barang Jawa-Bali yang lebih dulu dinyatakan positif Covid-19.

Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa mengatakan, kasus terbaru karena transmisi lokal ini diberi kode PDP 86. Dia tetangga PDP 80 yang merupakan sopir pengangkut barang.

"Pasien yang diberi kode PDP 86 ini merupakan tetangga dari sopir barang Jawa-Bali asal Kecamatan Seririt yang lebih dulu terkonfirmasi positif virus corona," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa dalam keterangan kepada media, Jumat (5/6/2020).

Suyasa menjelaskan, PDP 86 tak cuma bertetangga tetapi juga sempat kontak langsung dengan PDP 80. PDP 86 merupakan hasil tracing dari kasus PDP 80. Berdasarkan tracing yang dilakukan tim Gugus Tugas Covid-19, ada 38 orang yang terdeteksi pernah kontak langsung dengan PDP 80.

Dari 38 orang itu, semula ada empat orang yang mendapatkan hasil reaktif berdasarkan rapid test. Namun ketika berlanjut dengan tes swab, hanya seorang saja yang dinyatakan positif terjangkit Covid-19.

"Jadi yang dinyatakan positif terpapar virus corona hanya PDP 86," ujarnya.

Suyasa mengatakan, saat ini PDP 86 telah diisolasi di Rumah Sakit Pratama Giri Emas untuk mencegah penularan karena transmisi lokal di tempat tinggalnya meluas.


Editor : Reza Yunanto