Transmisi Lokal di Jembrana Bali, Ratusan Warga dari 2 Banjar Ikut Rapid Test

Nyoman Sudika ยท Jumat, 03 Juli 2020 - 13:14 WIB
Transmisi Lokal di Jembrana Bali, Ratusan Warga dari 2 Banjar Ikut Rapid Test
Rapid test sekeluarga di Gianyar, Bali. (Foto: iNews.id/Nyoman Astana)

JEMBRANA, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana akan melakukan rapid test massal untuk warga di dua banjar yang berada di Kecamatan Negara. Rapid test dilakukan karena ditemukan kasus transmisi lokal yang menyebabkan enam warga setempat positif terjangkit Covid-19.

Dua banjar tersebut yakni Banjar Munduk, Desa Kaliakah, dan Banjar Berambang, Desa Berambang. Kedua banjar tersebut mulai hari ini, Jumat (3/7/2020) telah diisolasi untuk mencegah penularan Covid-19 meluas.

"Akan dilakukan rapid test massal dulu semua. Hasilnya nanti apa pun itu akan dilakukan karantina," kata Asisten Pembangunan Derah Pemkab Jembrana, Jumat (3/7/2020).

Rapid test untuk warga Banjar Munduk dilakukan hari ini dan untuk warga Banjar Berambang dilakukan besok.

Total warga Banjar Munduk yaitu sekitar 990 orang daj 289 keluarga. Sedangkan di Banjar Berambang sekitar 65 jiwa dari 25 kepala keluarga.

Diberitakan sebelumnya, Gugus Tugas Covid-19 Jembrana memutuskan untuk mengisolasi dua banjar di Jembrana demi mencegah penyebaran Covid-19 semakin meluas.

"Karantina atau isolasi ini merupakan kesepakatan kami dengan warga," kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Jembrana, I Gusti Agung Putu Arisantha di Negara, Kabupaten Jembrana, Kamis (2/7/2020).

Dia mengatakan, opsi isolasi banjar ini merupakan opsi yang dipilih setelah dua kali melakukan pertemuan dan sosialisasi dengan warga serta perangkat desa setempat.

Selama isolasi 14 hari, warga banjar tersebut akan berdiam diri di rumah. Warga juga dilarang keluar-masuk banjar tersebut.


Editor : Reza Yunanto