Terbaru! Terbang ke Bali Tak Perlu Tes Covid-19 

Chusna Mohammad · Kamis, 19 Mei 2022 - 10:39:00 WITA
Terbaru! Terbang ke Bali Tak Perlu Tes Covid-19 
Penumpang pesawat tujuan Bali tak perlu menunjukkan hasil tes PCR atau tes antigen bila sudah mendapat vaksin Covid-19 dosis kedua atau ketiga )booster). (Foto: Chusna Mohammad)

DENPASAR, iNews.id - Kabar gembira bagi yang ingin ke Bali. Penumpang pesawat tidak perlu menunjukkan hasil tes PCR maupun tes antigen bila sudah mendapat vaksin hingga dosis kedua atau dosis ketiga (booster).

"Bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) yang sudah mendapatkan vaksin dosis kedua atau dosis ketiga (booster), tidak diwajibkan untuk menunjukkan hasil negatif RT- PCR atau antigen," kata General Manajer PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Ngurah Rai Herry AY Sikado, Kamis (19/5/2022). 

Dia menjelaskan, aturan baru itu mengacu pada SE Kementerian Perhubungan Nomor 56 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19.

Sedangkan bagi PPDN yang baru mendapatkan vaksinasi dosis pertama tetap wajib menunjukkan hasil negatif RT-PCR yang berlaku 3 x 24 jam atau rapid test antigen yang berlaku 1 x 24 jam. 

Aturan serupa berlaku bagi pelaku perjalanan dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid dan tidak dapat menerima vaksinasi. Ditambah surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah. 

Herry mengatakan, syarat ini tidak berlaku bagi PPDN dengan usia di bawah 6 tahun. 

"Namun tetap wajib didampingi oleh orang yang telah memenuhi ketentuan vaksin dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat," ujarnya. 

Peraturan bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) juga mengalami penyesuaian.

PPLN cukup menunjukkan sertifikat (fisik maupun digital) vaksin dosis kedua minimal 14 hari sebelum keberangkatan, sebagai syarat memasuki Indonesia dan mengunduh aplikasi PeduliLindungi untuk verifikasi sebelum melakukan keberangkatan. 

Herry berharap pelonggaran aturan itu akan menaikkan trafik penumpang ke Bali.

"Kami tetap mengimbau penumpang untuk selalu menerapkan protokol kesehatan di bandara seperti mengenakan masker di dalam ruangan dan menjaga jarak," kata Herry.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: