Tebing 100 Meter di Pantai Melasti Longsor saat Gempa Bali M 5,8

I Gusti Bagus Alit Sidi W ยท Rabu, 17 Juli 2019 - 12:28 WIB
Tebing 100 Meter di Pantai Melasti Longsor saat Gempa Bali M 5,8
Lokasi longsoran tebing di Pantai Melasti. (Foto: iNews/I Gusti Bagus Alit Sidi)

BADUNG, iNews.id – Tebing setinggi 100 meter di kawasan obyek wisata Pantai Melasti, Ungasan, Kuta Selatan, Badung, Bali, mengalami longsor. Kejadian ini sebagai akibat guncangan gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,8 yang terjadi pada Selasa (16/7/2019).

Pantauan iNews, reruntuhan tebing longsor berupa bongkahan batu-batu kapur berukuran sangat besar. Bebatuan ini bertumpuk di beberapa bagian tepi Pantai Melasti. Namun saat kejadian, tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Dalam rekaman video pendek, saat longsor terjadi terdengar suara gemuruh reruntuhan tebing. Ketika itu air laut di bawah tebing dalam keadaan pasang sehingga tak ada pengunjung atau wisatawan yang berada di sekitar areal runtuhan.

Selain itu, akses jalan menuju lokasi tebing selama ini juga tertutup bagi masyarakat umum. Hal ini lantaran lahan tersebut merupakan tanah milik pribadi yang saat ini dalam pengerjaan proyek. Terkait adanya alat berat proyek yang tertimbun reruntuhan longsor, hal tersebut diperkirakan milik investor yang sedang membangun di TKP tersebut.

“Bongkahan batunya yang longsor berukuran sangat besar di tepi Pantai Melasti,” ujar Nyoman Suteja, pengunjung Pantai Melasti, Rabu (17/7/2019).

Data BPBD Bali, hingga saat ini ada 36 titik di kabupaten badung yang dilaporkan mengalami kerusakan akibat gempa bumi bermagnitudo 5,8 . Hasil assesment terhadap kerusakan yang terjadi di sejumlah lokasi, laporan kerusakan paling banyak terjadi di kawasan Kuta Selatan berjumlah 24 titik, kemudian Kecamatan Kuta 4 titik, Kuta Utara 3 titik, Abiansemal 2 titik dan Mengwi 1 titik.

“Laporan kerusakan yang paling banyak terjadi yakni kerusakan material bangunan seperti genting runtuh dan retak pada tembok,” ujar petugas BPBD Bali Ida Bagus Gede Juniarta.


Editor : Donald Karouw