Takut Kena Razia Masker, WNA di Bali Bergegas Tinggalkan Pantai

Bagus Alit ยท Jumat, 18 September 2020 - 08:57:00 WITA
Takut Kena Razia Masker, WNA di Bali Bergegas Tinggalkan Pantai
Petugas gabungan mencegat warga negara asing yang bergegas meninggalkan Pantai Kuta, Bali karena tak pakai masker, Kamis (17/9/2020). (iNews.id/Bagus Alit)

BADUNG, iNews.id - Sejumlah warga negara asing (WNA) yang sedang menikmati sunset di sejumlah pantai kawasan Kuta, Bali terkejut dengan kedatangan petugas gabungan. Mereka khawatir terjaring razia protokol kesehatan karena tak memakai masker.

Pantauan iNews.id, sejumlah WNA yang melihat kedatangan tim gabungan dari Satpol PP, TNI, dan Polri, langsung bergegas meninggalkan pantai. Mereka tampak tak menggunakan masker.

Namun petugas tak kalah cepat. WNA yang kedapatan tak mendapat masker langsung dihentikan.

"Kita sudah berikan masker yang bersangkutan dan diminta untuk pakai," kata Kabid Ketertiban Satpol PP Badung, I Made Astawa, Kamis (17/9/2020) sore.

Tak hanya menyasar WNA yang tak memakai masker di pantai, tim gabungan lalu menyisir sejumlah kafe di pinggir pantai. Sejumlah WNA ternyata juga tidak memakai masker.

Sebagian dari mereka sebenarnya telah membawa masker, namun tidak dipakai. Namun ada WNA yang tetap ngotot tak mau memakai masker dengan beragam alasan.

Meski mendapati WNA tak memakai masker, petugas gabungan tak mengenakan denda. Mereka yang tak membawa masker diberikan masker dan diminta untuk memakai.

"Kami tegakkan peraturan karena ini sesuai dengan Pergub Bali," ujarnya.

Selain para WNA, pengelola usaha di sepanjang pantai yang berada di Kuta itu juga mendapat teguran. Mereka mendapat teguran karena belum mematuhi protokol kesehatan dengan menyediakan tempat cuci tangan dan membatasi jarak pengunjung.


Editor : Reza Yunanto