Tak Pakai Masker Didenda Rp100.000, Warga Denpasar Mengaku Berat

Muhammad Muhyiddin ยท Selasa, 08 September 2020 - 17:18 WITA
Tak Pakai Masker Didenda Rp100.000, Warga Denpasar Mengaku Berat
Warga Denpasar yang tak pakai masker dikenai denda Rp100.000 (iNews.id/Muhammad Muhyddin)

DENPASAR, iNews.id - Satpol PP Denpasar mulai menerapkan denda Rp100.000 bagi masyarakat yang kedapatan tidak memakai masker. Namun denda tersebut dinilai memberatkan.

"Ya sebenarnya berat, mestinya dikasih tahu dulu," ujar Eko, salah satu warga yang terkena denda, Selasa (8/9/2020).

Eko menyadari telah melakukan kesalahan akibat tidak memakai masker. Meski mengaku keberatan, dia tetap rela membayar denda Rp100.000 kepada petugas Satpol PP.

Eko terjaring razia masker Satpol PP yang dilakukan di Jalan Tangkuban Perahu. Selama razia tersebut, total ada sepuluh warga yang kedapatan tak memakai masker.

Petugas Satpol PP pun langsung bertindak tegas menindak masyarakat yang tak memakai masker tersebut dengan denda di tempat. Selanjutnya para pelanggar tersebut diberikan surat tanda bukti pelanggaran.

"Walaupun ini berat, kami terpaksa lakukan untuk pendisiplinan," kata Kepala Satpol PP Denpasar, Dewa Sayoga.

Dia mengatakan, tak hanya masyarakat yang tidak memakai masker yang disasar dalam razia ini. Tetapi juga tempat usaha yang tidak menerapkan protokol kesehatan.

Razia penggunaan masker ini dilakukan terkait penegakkan aturan Peraturan Gubernur (Pergub) Bali Nomor 46 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan yang mulai efektif berlaku 7 September 2020.


Editor : Reza Yunanto