Tak Ingin Ada Siswa Titipan di PPDB, Kepala Dinas: Kami Ingin Tidur Nyenyak

Antara ยท Sabtu, 26 Juni 2021 - 10:25:00 WITA
Tak Ingin Ada Siswa Titipan di PPDB, Kepala Dinas: Kami Ingin Tidur Nyenyak
Kegiatan PPDB online. (Foto: Antara).

DENPASAR, iNews.id - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Bali diharap dapat berlangsung transparan tanpa ada siswa titipan. Sebab prosesnya menggunakan sistem IT sehingga dapat mengurangi potensi kecurangan.

Kepala Ombudsman Bali, Umar Ibnu Alkhatab, berharap tidak ada manipulasi data untuk bisa meloloskan siswa titipan. Semua proses harus mengacu pada sistem.

"Kalau semua mengacu ke sistem, tidak bisa menitip anak," kata Umar di Kota Denpasar, Bali, Jumat (25/6/2021).

Menurut dia, informasi dari kepala dinas, mereka sudah siap PPDB secara transparan. Ini merupakan komitmen pemerintah daerah supaya pelaksanaan PPDB berjalan baik.

"Aspirasi dari kadis berbagai daerah bahwa mereka ingin PPDB lebih transparan supaya lebih nyaman, lebih nyenyak tidurnya supaya tidak perlu direcoki oleh berbagai permintaan dan sebagainya," ujarnya.

Namun dia mengatakan, Ombudsman tetap akan melakukan pengawasan secara ketat dan monitoring berbasis laporan. Tim juga turun ke daerah-daerah untuk mengeceknya.

"Bila perlu kami minta kepala sekolah menulis spanduk sekolah ini diawasi oleh Ombudsman biar tidak ada intervensi," kata Umar.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal