Surat Rapid Antigen Palsu Beredar di Pelabuhan Padangbai, 3 Pelaku Diamankan

Yunda Ariesta ยท Senin, 22 Februari 2021 - 09:41:00 WITA
Surat Rapid Antigen Palsu Beredar di Pelabuhan Padangbai, 3 Pelaku Diamankan
Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini menunjukkan Surat Rapid Test Antigen palsu yang beredar di Pelabuhan Padangbai. (Foto: iNews/Yunda Ariesta)

KARANGASEM, iNews.id - Polisi mengungkap sindikat penjual surat keterangan hasil rapid antigen palsu untuk masuk ke Bali yang merebak di Pelabuhan Padangbai. Tiga pelaku diamankan.

Surat hasil rapid antigen palsu itu ditemukan di Pelabuhan Padangbai, Karangasem dalam beberapa hari terakhir. Pelabuhan tersebut merupakan salah satu pintu masuk ke Pulau Bali. 

Polres Karangasem menemukan seorang penyeberang yang hendak masuk ke Bali berinisial B (49). Dia menunjukkan surat hasil rapid antigen yang mencurigakan. 

Pengembangan yang dilakukan Satreskrim Polres Karangasem selanjutnya menemuka SH (34) dan NW (30). SH berperan sebagai penghubung, dan NW merupakan penjual surat palsu tersebut di Desa Bunganya Kangin.

"Kasusnya masih dikembangkan. Sejauh ini sudah lima kali diperjualbelikan," kata Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini, Minggu (21/2/2021)

Dari penangkapan tiga orang tersebut, polisi menganamankan satu buah alat scanner dan printer beserta komputer dari rumah NW. 

Kepada polisi, NW mengaku menjual surat palsu tersebut seharga Rp30.000 hingga Rp50.000. Dia mengaku suah memperjualbelikan berkali-kali kepada penyeberang.

Ketiga pelaku saat ini ditahan di Polres Karangasem. Terkait kasus ini, Polres Karangasem akan memperketat lagi pemeriksaan penyeberang di Pelabuhan Padangbai. 

"Tentu kita akan perketat lagi pengawasan, dan agar petugas juga lebh detail lagi melihat keaslian suratnya," tutur Suartini.

Editor : Reza Yunanto