Sumber Minyak di Karangasem Bali Diduga dari Kebocoran Depo Pertamina

Yunda Ariesta ยท Senin, 21 September 2020 - 10:41:00 WITA
Sumber Minyak di Karangasem Bali Diduga dari Kebocoran Depo Pertamina
Warga Desa Antiga, Karangsem, Bali memanen minyak dari lahan yang diduga berasal dari kebocoran Depo Pertamina, Minggu (20/9/2020). (iNews.id/Yunda Ariesta)

KARANGASEM, iNews.id - Penemuan sumber minyak di Desa Antiga, Kabupaten Karangasem, Bali membuat warga setempat ramai-ramai datang membawa jeriken. Diduga minyak tersebut berasal dari kebocoran Depo Pertamina yang berada di dekat lokasi.

"Mungkin ada dari Pertamina di sana katanya bocor," kata Wayan Gulo, seorang warga ditemui di lokasi, Minggu (20/9/2020).

Dia mengatakan, warga telah melapor ke Depo Pertamina untuk menyedot minyak yang diduga bocor dan merembes ke lahan warga ini. Warga merasa terganggu dengan bau menyengat yang timbul. Namun laporan tersebut belum mendapat tanggapan Pertamina.

"Mungkin bisa disedot dari sana," ujarnya.

Meski menimbulkan kekhawatiran, penemuan sumber minyak ini juga membawa berkah bagi warga sekitar.

Sejumlah warga membawa jeriken untuk menampung minyak. Dengan gayung yang dikaitkan ke kayu, mereka mengambil minyak dari lubang-lubang sumur dengan kedalaman lebih dari satu meter, lalu ditampung ke jeriken.

Warga yang mengambil minyak itu mayoritas bekerja sebagai nelayan. Mereka berencana menggunakan minyak yang diduga jenis solar tersebut untuk menghidupkan mesin kapal.

"Kurang lebih sudah lima hari, langsung orang-orang datang ke sini," kata Nengah Wenten, seorang warga.

Penemuan sumur minyak ini bermula dari kecurigaan warga yang menicum bau menyengat dari suatu lokasi. Warga kemudian menggali lahan yang menjadi sumber bau tersebut, dan menemukan sumber minyak.

Editor : Reza Yunanto