Soal 'IDI Kacung WHO', Jerinx: Tolong Dibaca Utuh dan Pahami Substansinya

Indira Arri ยท Selasa, 22 September 2020 - 17:10 WITA
Soal 'IDI Kacung WHO', Jerinx: Tolong Dibaca Utuh dan Pahami Substansinya
Jerinx usai menjalani persidangan kedua secara online di Pengadilan Negeri Denpasar, Selasa (22/9/2020). (iNews.id/Indira Arri)

DENPASAR, iNews.id- Terdakwa kasus ujaran kebencian, Jerinx meminta unggahan di akun Instagram @jrxsid yang menyebut 'IDI Kacung WHO' dibaca secara utuh. Musisi bernama asli I Gede Ary Astina ini meminta tak fokus pada satu kata yang dianggap menyudutkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

"Status saya yang dipermasalahkan itu tolong dibaca secara utuh dan pahami substansinya," kata Jerinx usai menjalani persidangan yang digelar secara online di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Selasa (22/9/2020).

Jerinx meminta agar majelis hakim membacakan secara utuh unggahan di akun @jrxsid yang menjadi dasar pelaporan dirinya. Menurutnya, tak ada niat untuk menyudutkan IDI dalam unggahan itu.

"Pahami substansinya, jangan fokus pada satu kata saja. Intinya saya inginkan diskusi," tutur drummer Superman Is Dead ini.

Dalam persidangan kedua ini, Jerinx dan tim penasehat hukumnya akhirnya menerima keputusan majelis hakim untuk menggelar sidang secara online.

Pada persidangan perdana, Jerinx dan penasehat hukum melakukan aksi walk out karena menolak sidang digelar secara daring dan meminta dilakukan persidangan tatap muka.

Jerinx didakwa dengan dua Pasal yaitu Pasal 28 ayat (2) Jo. Pasal 45A ayat (2) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Jerinx juga didakwa dengan Pasal 27 ayat (3) Jo Pasal 45 ayat (3) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.


Editor : Reza Yunanto