Sempat Dikeluhkan, Warga Bali Rela Bayar hingga Rp1 Juta untuk Tes Swab

Bagus Alit ยท Minggu, 31 Mei 2020 - 09:39 WIB
Sempat Dikeluhkan, Warga Bali Rela Bayar hingga Rp1 Juta untuk Tes Swab
Antrean pendaftaran rapid test dan tes swab Covid-19 doi RS UNUD, Bali, Minggu (31/5/2020). (Foto: iNews/Bagus Alit)

BALI, iNews.id - Sempat menjadi polemik lantaran tarif paket rapid test dan paket tes swab di RS Universitas Udayana (UNUD) dihargai selangit, warga Bali yang hendak bepergian justru antre. Dalam satu hari, warga yang ingin mengurus surat bebas Covid-19 lebih dari 80 orang.

Membludaknya jumlah permintaan tersebut, membuat RS UNUD kewalahan. Rumah sakit pun harus membatasi jumlah antrean.

Dari pantauan iNews, antrean ramai di lobby depan RS UNUD sejak Minggu (31/5/2020) pagi. Ratusan warga antre bahkan turis asing pun ikut mendaftar rapid test maupun tes swab.

Agar pengunjung yang antre tak kepanasan atau kehujanan, manajemen rumah sakit mendirikan satu tenda berukuran besar dilengkapi kursi. Untuk mengurangi kerumunan, pasien bisa mendaftar lewat WhatsApp agar mendapat nomor antrean.

Direktur RS UNUD, Dewa Putu Gede Purwa Samatra menjelaskan, sejak dikeluarkannya surat edaran tentang pengendalian perjalanan orang, banyak warga yang antre untuk tes. Terkait polemik tarif dia menjelaskan, pada kasus Covid-19, pasien tak dikenai biaya. Tapi bagi pemohon rapid test maupun tes swab harus membayar sesuai persyaratan yang telah dikeluarkan.

"Kalau yang pasien ya gratis. Yang ini dikenakan biaya itu orang yang sehat dan ingin melakukan perjalanan," ucap Dewa Putu, Minggu (31/5/2020).

Dia menjelaskan, pembayaran dilakukan karena menjadi tanggung jawab per orangan, bukan pemerintah. Hal ini jelas akan menyulitkan rumah sakit jika tidak ada biaya.

"Kalau enggak bayar, kami klaim kemana. Pemerintah gak ada aturan kalau orang sehat tes digratiskan," katanya.

Salah satu warga pencari surat bebas Covid-19 Dian meminta pihak rumah sakit memperbaiki alur tes. Dia masih melihat banyak warga yang ingin tes tetapi berkerumun.

"Tadi saya lihat orang juga bingung untuk alurnya seperti apa," ucap Dian.

Khusus di RS UNUD tarif rapid test pasien umum bervariasi mulai dari Rp105.000 hingga Rp400.000. Sedangkan paket tes swab dimulai dari Rp350.000 hingga Rp1 juta.

Hasil tes akan selesai sehari kemudian dan harus diambil langsung oleh yang bersangkutan. Surat bebas Covid-19 tersebut, hanya berlaku selama 7 hari.


Editor : Nani Suherni