Sekda Bali Pesan kepada Peserta Tes CPNS: Jangan Percaya Jimat

Antara ยท Selasa, 28 Januari 2020 - 15:09:00 WITA
Sekda Bali Pesan kepada Peserta Tes CPNS: Jangan Percaya Jimat
Sekda Bali Dewa Made Indra memberi pengarahan kepada peserta tes CPNS, Selasa (28/1/2020). (Foto: Antara)

DENPASAR, iNews.id –Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali Dewa Made Indra meninjau lokasi pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS. Kepada para peserta, dia berpesan agar tidak menggunakan jimat untuk membantu kelulusan tes.

"Saya yakinkan, jimat apapun tak akan bisa menolong. Karena itu yang membuat adalah dukun. Sedangkan di sini, yang kita gunakan adalah teknologi. Jadi silahkan dilepas," katanya di lokasi tes di Kantor BPSDM Provinsi Bali, di Denpasar, Selasa (28/1/2020).

Selain berpesan soal jimat, dia juga berpesan agar para peserta tes percaya diri. Tidak perlu merasa kecil hati karena tak memiliki kenalan di Pemprov Bali yang bisa membantu kelulusan tes. Dia memastikan, penilaian tes SKD CPNS berlangsung transparan tanpa manipulasi apa pun.

"Tak boleh punya pikiran begitu. Kami yang di depan ini tak bisa menolong, termasuk saya. Yang bisa menolong kalian hanya kekuatan doa dan pengetahuan,” katanya.

Soal jumlah peserta, dia mengatakan, total jumlah pendaftar untuk CPNS Pemprov Bali dan kabupaten/kota di Bali mencapai 36.225. Dari jumlah itu yang mengikuti SKD sebanyak 36.193.

Selisih itu karena 32 peserta memilih tak lagi mengikuti SKD, karena sudah mengantongi nilai pada tes serupa tahun sebelumnya. Besarnya jumlah peserta tes dibanding formasi yang tersedia, membuat persaingan semakin ketat.

"Sudah pasti ada diantara kalian yang tak lolos. Tetapi kalian harus tetap semangat, tunjukkan kemampuan maksimal dan kami meyakinkan seluruh prosesnya berjalan fair," ucap pria yang juga menjadi Ketua Panitia Tes SKD CPNS Pemprov Bali ini.

Sebelumnya diberitakan, Tes SKD CPNS di Provinsi Bali akan berlangsung dari 28 Januari sampai 17 Februari 2020. Selain Provinsi Bali, ada sejumlah kabupaten/kota yang membuka formasi PNS tahun ini yaitu Kota Denpasar, Kabupaten Buleleng, Jembrana dan Klungkung.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: