Sah! Laksamana Yudo Margono Jabat KSAL, Marsekal Fadjar Prasetyo KSAU

Felldy Utama ยท Rabu, 20 Mei 2020 - 14:20 WIB
Sah! Laksamana Yudo Margono Jabat KSAL, Marsekal Fadjar Prasetyo KSAU
Pelantikan KSAL dan KSAU. (Setpres)

JAKARTA, iNews.id - Pucuk pimpinan tertinggi Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut dan Angkatan Udara resmi berganti. Presiden Joko Widodo melantik secara bersamaan Kepala Staf dari dua angkatan tersebut di Istana Negara, Selasa (20/5/2020).

Jokowi melantik Laksamana Yudo Margono sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) yang baru menggantikan Laksamana Siwi Sukma Adji. Sedangkan Marsekal Fadjar Prasetyo dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) menggantikan Marsekal Yuyu Sutisna.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 32 dan 33 TNI Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan KSAL dan KSAU. Keppres 34 dan 35 tentang Kenaikan Pangkat Golongan Perwira Tinggi TNI.

Pembacaan sumpah jabatan dipimpin langsung oleh Jokowi didampingi rohaniawan. Saat itu Jokowi meminta kepada Yudo Margono dan Fadjar Prasetyo untuk mengikuti pengucapan sumpah jabatan yang dibacakan oleh Jokowi.


"Sebelum saudara mengucapkan sumpah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa berkenaan pelantikan ini harap dijawab pertanyaan saya," ujar Jokow di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/5/2020).

Dalam sumpah jabatan itu, keduanya diminta setia terhadap Negara Kesatuan Republik Indonsia (NKRI), Pancasila dan UUD 1945. Usai mengucapkan sumpah jabatan, keduanya menandatangani berita acara pelantikan yang disaksikan langsung oleh Jokowi.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pacasila dan UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi Darmbakti saya kepada bangsa dan negara. bahwa sy dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab," ucapnya.


Editor : Reza Yunanto