Mengenal 7 Rumah Adat Bali Beserta Fungsi, Keunikan dan Filosofinya

Reza Yunanto ยท Jumat, 23 September 2022 - 20:50:00 WITA
Mengenal 7 Rumah Adat Bali Beserta Fungsi, Keunikan dan Filosofinya
Rumah Adat Bali.

5. Bale Sekapat

Bale Sekapat adalah bagian dalam rumah adat Bali yang berfungsi sebagai tempat bersantai seluruh anggota keluarga.

Keunikan rumah adat Bali ini adalah adanya empat buah tiang yang berfungsi sebagai penyangga dan atapnya berbentuk pelana.

Dengan adanya bangunan ini, diharapkan agar memiliki hubungan keluarga yang lebih akrab dan harmonis.

6. Bale Gede

Bale Gede merupakan bagian rumah adat Bali yang berfungsi sebagai tempat berkumpul dan tempat menyajikan makanan khas Bali yang digunakan untuk upacara adat. 

Letaknya ada di sebelah timur rumah utama dengan posisi lantai yang lebih tinggi dari Bale Manten. Keunikannya terdapat jumlah tiang sebanyak 12 sebagai penyangga dan lebih sering disebut dengan sakaroras. 

Bale Gede berbentuk persegi panjang dengan ukuran lebih besar dari bangunan rumah adat. Fungsi lainnya dari rumah adat ini adalah sering digunakan sebagai tempat membuat patung atau ukiran adat bali, serta tempat merajut pakaian.  

7. Klumpu Jineng

Klumpu Jineng memiliki desain bangunan panggung dengan atap dan dinding luar yang tertutup jerami kering. Fungsinya sebagai tempat penyimpanan bahan makanan pokok, seperti padi, sagu, jagung, dan lainnya. 

Bagian dalam rumah adat bali ini hanya terdapat di beberapa daerah saja dan sebagai penanda bahwa pemilik rumah adalah seorang petani. 

Saat ini Klumpu Jineng sudah dimodernisasi dengan dibangun menggunakan bahan-bahan bangunan yang lebih kokoh dibanding menggunakan kayu seperti jaman dulu.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: