RS PTN Unud Kewalahan Hadapi Kasus Covid-19, Tempat Tidur Nyaris Terisi 100 Persen

Bagus Alit ยท Selasa, 15 September 2020 - 08:41 WITA
RS PTN Unud Kewalahan Hadapi Kasus Covid-19, Tempat Tidur Nyaris Terisi 100 Persen
Perawat di RS PTN Universitas Udayana mengenakan APD.

BADUNG, iNews.id - Peningkatan kasus Covid-19 di Bali membuat Rumah Sakit PTN Universitas Udayana (Unud) kewalahan. Kapasitas tempat tidur untuk pasien Covid-19 nyaris terisi 100 persen.

"Hampir 93-94 persen. Kewalahan kita," ujar Dirut RS PTN Unud, Dewa Putu Gede Purwa Samatra, Selasa (15/9/2020).

Berdasarkan data per 15 September 2020, okupansi atau tingkat keterisian tempat tidur nyaris 100 persen. Dari 88 tempat tidur yang tersedia, sebanyak 85 telah terisi pasien.

Samatra mencontohkan, pada pekan ini misalnya ada 25 tempat tidur yang kosong. Namun hanya dalam hitungan jam saja langsung terisi 23 pasien.

"Kemarin ada 25 yang kosong. Terus pagi masuk 20 pasien, malamnya masuk lagi 3. Ada yang keluar, ada yang masuk. Jadi seimbang," tuturnya.

Menghadapi lonjakan kasus Covid-19 ini, Samatra mengatakan RS PTN Unud melakukan pengaturan agar pasien yang dirujuk hanya yang bergejala sedang.

"Yang berat ke RSUP (Sanglah), yang ringan bisa di rumah sakit lain," ujarnya.

Diakui Samatra, lonjakan kasus di Bali ini mulai dirasakan pada pertengahan Agustus 2020. Untuk mengantisipasi tren lonjakan tersebut, pihak rumah sakit saat ini belum bisa menambah kapasitas tempat tidur.

RS PTN Unud sebenarnya memiliki satu unit gedung berlantai dua dengan kapasitas 28 tempat tidur. Namun gedung tersebut belum bisa digunakan lantaran belum ada fasilitas yang menunjang untuk perawatan pasien Covid-19.

Sementara itu, untuk mengatasi kelelahan tenaga medis menghadapi lonjakan ini, pihak rumah sakit telah memberlakukan shift kerja menjadi 4 shift dengan durasi kerja masing-masing shift selama 6 jam.


Editor : Reza Yunanto