Resmikan Pasar Badung, Jokowi Disambut Antusias Ribuan Warga Bali

Antara ยท Jumat, 22 Maret 2019 - 19:14 WIB
Resmikan Pasar Badung, Jokowi Disambut Antusias Ribuan Warga Bali
Presiden Jokowi yang baru tiba di Bali disambut seribuan warga untuk bersalaman dan berswafoto. (Foto: Antaranerws/Hani Sofia)

BADUNG, iNews.id – Presiden Joko Widodo diserbu seribuan warga yang telah menantinya di Jalan Ngurah Rai, Badung, Bali, Jumat (22/3/2019). Kedatangan Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo untuk melakukan kunjungan kerja meresmikan Pasar Badung di Pulau Dewata tersebut.

Dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, Kepala Negara beserta rombongan tiba di Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar, pukul 17.35 Wita.

Sebelumnya, Presiden lepas landas usai melakukan kunjungan kerjanya di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), melalui Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid pukul 17.15 Wita.

Presiden kemudian melajutkan perjalanannya ke lokasi kunjungan kerja. Namun kemudian berhenti tak jauh dari bandara ketika seribuan masyarakat Bali berkumpul dan menyerbu rombongan.

Presiden yang mengenakan kemeja putih keluar dari mobil dan menyapa masyarakat. Presiden juga melayani permintaan beberapa warga untuk berswafoto dan bersalaman. Di tempat itu, warga menyambut Jokowi dengan musik gamelan khas Bali.

Beberapa saat kemudian, pukul 17.55 Wita, Presiden kembali melanjutkan perjalanan untuk meresmikan Pasar Badung, yang baru saja rampung direnovasi setelah sempat mengalami kebakaran besar tiga tahun lalu. Pasar ini menjadi salah satu ikon budaya di Kota Denpasar dan rencananya akan menjadi pasar digital (digital market) dengan sistem pembayaran nontunai.

Beberapa sudut pasar yang berada di Jalan Sulawesi, Denpasar, banyak dihiasi mural yang menggambarkan aktivitas kegiatan di pasar. Mural itu terlihat di dinding akses masuk dan keluar maupun dinding di tangga dan area lift, sementara banner pembayaran nontunai terpasang di pintu masuk.

Sejumlah fasilitas, seperti timbangan digital hingga area bermain anak juga tersedia di Pasar Badung. Ke depan, timbangan ukur ulang ini bakal ditambah hingga ke setiap lantai. Dijadwalkan, Presiden juga akan bertemu bendesa adat seluruh Bali di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya, Denpasar.

Dalam kunjungannya ke Bali, Presiden didampingi Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Staf Khusus Presiden Sukardi Rinakit, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.


Editor : Donald Karouw