Puskesmas di Denpasar Ditutup usai 13 Pegawai Positif Covid-19

Antara ยท Jumat, 25 September 2020 - 07:16:00 WITA
Puskesmas di Denpasar Ditutup usai 13 Pegawai Positif Covid-19
Tes swab pedagang pasar oleh petugas Puskesmas Denpasar. (Foto: iNews.id/Muhammad Muhyiddin)

DENPASAR, iNews.id - Sebuah Puskesmas di Denpasar, Bali ditutup menyusul penyebaran Covid-19. Sebanyak 13 orang yang terdiri atas dokter, perawat, bidan, analis hingga cleaning service dinyatakan positif terjangkit virus corona.

Puskesmas yang ditutup yakni Puskesmas I Denpasar Timur. Jumlah kasus positif itu masih mungkin bertambah karena ada belasan tenaga kesehatan lainnya yang masih menunggu hasil tes swab.

"Total keseluruhan yang positif 13 orang. Sebanyak 12 orang masih menunggu hasilnya," kata Kepala Puskesmas I Denpasar Timur, I Gusti Ayu Mirah Herawati ketika dikonfirmasi, Kamis (24/9/2020).

Dia mengatakan, awalnya hanya enam orang di puskesmas yang terjangkit virus mematikan tersebut. Namun saat dilakukan tracing, jumlahnya terus meningkat.

Menurutnya, 13 orang yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut, kini telah menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Mereka termasuk kategori orang tanpa gejala (OTG).

"Mereka masih muda-muda semua, tidak ada yang berumur," ujarnya.

Dia menambahkan, kasus Covid-19 yang melanda belasan pegawai di puskesmas tersebut saat ini masih ditelusuri. Namun diduga penularan terjadi dari luar, karena puskesmas telah menerapkan protokol Covid-19 yang ketat.

"Krena kita di puskesmas selalu pakai alat pelindung diri (APD) lengkap," tuturnya.


Editor : Reza Yunanto