Puskesmas di Denpasar Awasi Penjualan Ciki Ngebul di Kantin Sekolah

Antara · Rabu, 25 Januari 2023 - 12:56:00 WITA
Puskesmas di Denpasar Awasi Penjualan Ciki Ngebul di Kantin Sekolah
Petugas puskesmas di Denpasar mengawasi kantin-kantin sekolah agar tidak menjual ciki ngebul atau ice smoke. (Foto: ANTARA)

DENPASAR, iNews.id - Petugas puskesmas di Kota Denpasar mendatangi kantin-kantin sekolah untuk mengawasi penjualan jajanan ciki ngebul. Pengawasan dilakukan untuk mengantisipasi penggunaan nitrogen cair di produk makanan.

"Nitrogen cair mulanya digunakan untuk membekukan dan mengawetkan bahan makanan," kata Kepala Puskesmas Denpasar Barat, dr Lanawati, Rabu (25/1/2023).

Dia mengatakan, bahan kimia tersebut telah digunakan untuk meningkatkan daya tarik makanan dan minuman ringan. Salah satunya jajajan ciki ngebul yang juga populer disebut ice smoke.

Menurutnya, nitrogen cair menimbulkan efek asap yang terasa dingin pada makanan atau minuman. Namun penggunaan nitrogen cair itu sebenarnya mengandung sejumlah bahaya bagi kesehatan.

"Uang perlu diwaspadai yakni sulit bernapas, sakit perut, lambung berlubang, luka bakar, bahkan sampai menimbulkan kematian," katanya.

Dia menambahkan, pengawasan ke kantin-kantin sekolah merupakan tindak lanjut Surat Edaran (SE) Dinas Kesehatan Provinsi Bali.

Tak hanya di kantin, pengawasan juga dilakukan kepada pedagang jajanan di sekitar sekolah dan jalanan.

"Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi agar jangan sampai timbul korban," ujarnya,

Editor : Reza Yunanto

Follow Berita iNewsBali di Google News

Bagikan Artikel: