PPK Sepi Peminat, KPU Denpasar Minta Kepala Desa Sebarkan Via Medsos

Antara ยท Jumat, 17 Januari 2020 - 18:50 WIB
PPK Sepi Peminat, KPU Denpasar Minta Kepala Desa Sebarkan Via Medsos
KPU

DENPASAR, iNews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar meminta para perbekel (kepala desa) membantu proses rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk penyelenggaraan Pilkada 2020. Salah satu caranya dengan men-share informasi rekrutmen melalui media sosial.

"Kami sangat berharap warga Kota Denpasar yang memiliki integritas dan kapabilitas bisa ikut mendaftar dalam rekrutmen PPK yang pendaftarannya dibuka dari 18-24 Januari 2020 ini," kata Ketua KPU Kota Denpasar I Wayan Arsa Jaya di Denpasar, Jumat (17/1/2020).

Ia mengakui, permintaan KPU ini karena pada penyelenggaraan pilkada sebelumnya, termasuk pemilu 2019 lalu, peminat PPK sangat minim.

"Yang berminat relatif sedikit, dalam arti kami butuh 5 orang, yang daftar juga 5 orang. Jadi kita sepertinya nggak punya pilihan. Demikian juga ketika ada proses pergantian, kami cukup kesulitan karena harus melakukan proses ulang," ucapnya.

Oleh karena itu, sebagai strategi untuk mengantisipasi minimnya pelamar, KPU Denpasar telah melakukan roadshow ke tingkat kecamatan maupun desa/kelurahan di Kota Denpasar untuk menyampaikan timeline pembentukan Badan Ad Hoc, sehingga warga dapat ikut berpartisipasi menjadi penyelenggara.

Kemudian pengumuman perekrutan juga sudah ditempel di papan pengumuman tingkat desa dan kelurahan.

"Di samping itu, mohon informasi agar di-share melalui berbagai media sosial supaya informasi bisa tersebar dengan baik,” katanya.

Ia mengatakan, untuk membuka luas pendaftaran PPK, syarat usia PPK sudah diturunkan menjadi minimal 17 tahun.

Ini salah satu cara KPU agar lebih banyak generasi milenial yang terlibat, termasuk kuota minimal 30 persen kaum perempuan bisa terpenuhi.

"Dari pengalaman sebelumnya, memang sudah ada penyelenggara pemilu kaum perempuan, tetapi belum sampai memenuhi kuota 30 persen. Oleh karena itu, kami mendorong pegiat perempuan yang memiliki kompetensi, untuk bisa ikut mendaftar sebagai penyelenggara pemilu," tuturnya.

Pendaftaran PPK dibuka dari 18-24 Januari 2020 dengan menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU Kota Denpasar dari pukul 08.00-16.00 WITA.


Editor : Reza Yunanto