Polisi Jaga Ketat Kawasan Wisata Nusa Penida Jelang Perayaan Tahun Baru

Antara ยท Rabu, 25 Desember 2019 - 12:29:00 WITA
Polisi Jaga Ketat Kawasan Wisata Nusa Penida Jelang Perayaan Tahun Baru
Kawasan wisata di Bali (dok iNews.id)

KLUNGKUNG, iNews.id – Jelang perayaan tahun baru 2020 di kawasan wisata Nusa Penida, polisi menyiagakan personel pada obyek-obyek wisata yang akan dijadikan lokasi acara perayaan pergantian tahun. Warga dan penyelenggara acara diminta berkoordinasi dengan polisi.

"Sesuai dengan hasil rapat koordinasi, masyarakat yang menggelar event tutup tahun yang melibatkan banyak orang untuk melaporkan atau berkoordinasi dengan pihak keamanan, termasuk kepala desa dan babinsa di wilayah masing-masing," kata Kapolsek Nusa Penida, Kompol Komang Reka Sanjaya di kantornya, Selasa (24/12/2019).

Menurut dia, Nusa Penida merupakan lokasi pariwisata yang sangat berkembang pesat saat ini. Karena itu, pihaknya perlu melakukan antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan meminimalkan tindak kejahatan yang bisa terjadi.

"Puncak perayaan pergantian tahun identik dengan kembang api, petasan dan sejenisnya, dalam ukuran besar mulai 2 inchi ke atas, maka hal itu wajib mendapatkan izin dari pihak keamanan, agar situasi tetap kondusif. Hal ini bukan membatasi dalam perayaan, namun menjaga kelancaran bersama dan keselamatan," katanya.

Selain itu, masyarakat ataupun wisatawan juga diimbau untuk tidak melakukan konvoi, bergerombol atau kumpul-kumpul di pinggir jalan raya, apalagi di tengah jalan yang dapat mengganggu kepentingan umum.

"Akan lebih baik bila pesta kembang api itu dilakukan di dalam pekarangan, rumah, maupun lingkungan banjar. Secara teknis, kembang api dinyalakan mulai pukul 00.00 wita sampai pukul 01.00 wita," katanya.

Terpisah, Camat Nusa Penida I Komang Widyasa Putra mengimbau masyarakat yang mengadakan acara penyambutan tahun baru untuk berkoordinasi dengan pihak terkait, baik aparat desa maupun melalui babinsa masing-masing.

"Kondusivitas keamanan adalah poin pertama, untuk itu masyarakat hendaknya bersinergi untuk mengantisipasi hal-hal yang mengganggu ketertiban dan keamanan. Lakukan komunikasi yang baik demi kelancaran dan keamanan bersama. Mari rayakan tahun baru dengan suka cita," ujarnya.

Sebelumnya, Polres Klungkung beserta Polsek-polsek di bawahnya melaksanakan Operasi Cipkon Agung II/2019 dengan melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap pendatang dengan menyasar tempat-tempat tertentu di wilayah Polres Klungkung.

Wakapolres Klungkung Kompol Ida Bagus Dedi Januartha yang memimpin sidak bersama Ketua Satpol PP Putu Suarta menjelaskan sidak pendatang melalui Operasi Cipkon Agung II 2019 merupakan upaya antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan bersama, seperti teroris.

Dalam sidak yang juga melibatkan jajaran TNI dari Kodim 1610 Klungkung itu, petugas gabungan itu memeriksa peredaran kembang api tanpa izin dan tempat kos-kosan, namun petugas tidak menemukan bahan peledak, narkoba dan minuman keras serta barang berbahaya lainnya.


Editor : Reza Yunanto