Pimpinan DPRD Buleleng Resmi Dilantik

Antara ยท Senin, 16 September 2019 - 20:08 WITA
Pimpinan DPRD Buleleng Resmi Dilantik
Pelantikan pimpinan dan Wakil DPRD Buleleng di Ruang Sidang Utama Gedung DPRD Buleleng, Senin (16/9/2019). (Foto: Antara)

SINGARAJA, iNews.id – Gede Supriatna dari Fraksi PDIP selaku ketua DPRD Buleleng dilantik sekaligus diambil sumpah jabatan di Ruang Sidang Utama Gedung DPRD Buleleng 2019 - 2024, Singaraja, Senin (16/9/2019). Pelantikan dan pengambilan sumpah yang dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Buleleng, I Wayan Sukanila. Acara ini juga disaksikan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana.

Pada acara yang sama, ada tiga wakil ketua yang juga dilantik dan diambil sumpah jabatan yakni Ketut Susila Umbara dari Fraksi Partai Golongan Karya, Gede Suradnya dari Fraksi Partai Gerindra, dan Made Putri Nareni dari Fraksi Partai Nasdem.

Dalam sambutannya, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengucapkan selamat kepada para pimpinan DPRD. Ia berharap, penyelenggaraan roda pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Buleleng dapat berjalan selaras dan serasi antara Pemkab dan DPRD.

Politisi PDIP ini juga berharap pimpinan DPRD dapat menunaikan tugas dan wewenang jabatan secara amanah. Selain itu juga melaksanakan fungsi legislasi, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan dengan baik.

"DPRD sebagai perwakilan dari masyarakat juga agar bisa menyalurkan aspirasi masyarakat dalam menghadapi tantangan yang semakin kompleks," katanya.

Bupati Suradnyana mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama mengawal, memberikan dukungan secara konstruktif dan berperan aktif dalam menciptakan situasi yang kondusif. "Dengan situasi yang kondusif, agenda-agenda pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Buleleng dapat berjalan lancar dan mencapai sasaran secara optimal," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna mengatakan dirinya akan menciptakan kerja sama dengan baik antara pimpinan dan anggota DPRD serta dapat bersinergi dengan pemerintah daerah. Menurutnya DPRD merupakan bagian dari pemerintah daerah.

"Tentunya DPRD akan senantiasa mengawal program-program pemerintah daerah agar dapat berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat Buleleng sesuai dengan tugas dan fungsi DPRD," ujarnya.

Tak hanya itu, politisi asal Desa Tejakula yang sudah kali kedua menduduki jabatan sebagai Ketua DPRD Buleleng ini juga akan segera melakukan pembahasan terkait dengan pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Diantaranya pembentukan komisi-komisi, Badan Anggaran, Badan Musyawarah, Badan Pembentukan Perda dan Badan Kehormatan DPRD sesuai dengan mekanisme yang sudah ditentukan dalam tata tertib.

"Ke depan kami akan terus melakukan komunikasi-komunikasi baik secara personal maupun lewat fraksi-fraksi terkait upaya meningkatkan kedisiplinan para anggota DPRD, serta tentunya juga akan mengambil sikap yang lebih tegas terhadap anggota yang kurang disiplin," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Buleleng AKBP Suratno yang juga hadir dalam upacara pelantikan mengatakan suasana pelantikan pimpinan DPRD Buleleng berjalan aman dan kondusif. Menurut keterangannya, situasi keamanan di wilayah hukum Polres Buleleng sepanjang tahapan pemilu pilpres dan pileg, baik saat kampanye, pencoblosan dan penghitungan suara serta penetapan anggota DPRD berjalan dengan aman dan situasi sangat kondusif.

"Situasi yang sangat kondusif dan aman itu telah menciptakan pelaksanaan jalannya Pemilu 2019 dapat berjalan sesuai dengan tahapan sampai dengan pelantikan Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Buleleng dapat dilaksanakan dengan aman dan lancar," katanya. 


Editor : Donald Karouw