Pilkada di Bangli Dipastikan Diikuti 2 Pasangan Calon

Ari Wiradarma · Sabtu, 05 September 2020 - 13:09 WITA
Pilkada di Bangli Dipastikan Diikuti 2 Pasangan Calon
Pasangan I Made Subrata - Ngakan Kutha Parwatha yang diusung Partai Golkar dan Nasdem mendaftar ke KPU Bangli, Jumat (4/9/2020). (Foto : Ari Wiradarma)

BANGLI, iNews.id - Dua pasangan calon (paslon) kepala daerah telah resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangli, Jumat (4/9/2020). KPU Bangli memastikan sudah tidak ada lagi paslon yang akan mendaftar, karena 7 partai politik yang memiliki kursi di legislatif seluruhnya telah mengusung calon.

"Untuk di Bangli sudah tidak mungkin ada pasangan calon yang mendaftar, karena seluruh parpol di dewan sudah mengusung calon," kata Ketua KPU Bangli, Putu Gede Pertama Pujawan, Sabtu (5/9/2020).

Meski sudah tak ada lagi pasangan calon yang mendaftar, KPU Bangli tidak menutup waktu pendaftaran yang masih dibuka sampai Minggu (6/9/2020).

"Sampai saat ini belum ada regulasi yang mengatur ketika sudah tidak ada lagi paslon yang diusulkan parpol untuk mendaftar, otomatis tahapan itu langsung ditutup," katanya.

Seperti diketahui, dua paslon yang diusung parpol yang memiliki kursi di DPRD Bangli minimal 20 persen atau 6 kursi dari 30 kursi yang ada.

Pasangan yang telah mendaftar, Sang Nyoman Sedana Arta yang masih menjabat Wakil Bupati Bangli saat ini bersama pasangannya Wayan Diar yang masih menjabat Ketua DPRD Bangli. Keduanya diusung PDI Perjuangan, Partai Demokrat, Hanura, Gerindra dan PKPI yang menguasai parlemen hingga 22 kursi.

Sementara rivalnya I Made Subrata - Ngakan Kutha Parwata diusung Partai Golkar dan Nasdem yang memiliki 8 kursi di parlemen.

Subrata mantan Kepala Desa Bunutin Kecamatan Kintamani yang juga adik kandung Bupati Bangli saat ini, I Made Gianyar. Sementara Kutha Parwata mantan kader PDI Perjuangan yang pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Bangli.


Editor : Dewi Umaryati