KPU Bangli Buka Masukan dan Tanggapan Masyarakat hingga 8 September 2020

Ari Wiradarma · Sabtu, 05 September 2020 - 16:48 WITA
KPU Bangli Buka Masukan dan Tanggapan Masyarakat hingga 8 September 2020
Ketua KPU Bangli Putu Gede Pertama Pujawan meminta masukan kepada masyarakat terkait pasangan calon yang telah mendaftar di pilkada serentak 2020. (foto: Ari Wiradarma)

BANGLI, iNews.id – Tujuh partai politik yang mendapat kursi di DPRD Bangli telah mengusung calon kepala daerah. KPU membuka pengumuman untuk menjaring masukan dan tanggapan dari masyarakat sejak dibuka pendaftaran pasangan calon tanggal 4-8 September 2020.

Dua pasangan calon yang mendaftar yakni Sang Nyoman Sedana Arta dan Wayan Diar yang diusung PDI Perjuangan, Partai Demokrat, Hanura, Gerindra dan PKPI menguasai parlemen hingga 22 kursi.

Sementara I Made Subrata dan Ngakan Kutha Parwata diusung Partai Golkar dan Nasdem memiliki 8 kursi.

“Masukan dan tanggapan dari masyarakat kami jaring sampai 8 September untuk mengetahui rekam jejak pasangan calon,” kata Ketua KPU Bangli Putu Gede Pertama Pujawan, Sabtu (5/9/2020).

KPU telah mengunggah dokumen dan data diri pasangan calon di laman resmi KPU Bangli, agar masyarakat dapat mengetahui atau memberi informasi untuk diverifikasi terkait calon yang bersangkutan.

“Seluruh data diri pasangan calon termasuk syarat atau berkas dokumen lengkap telah kami unggah di website KPU Bangli,” katanya

Selain meminta masukan masyarakat, KPU juga akan melakukan verifikasi berkas secara faktual. Terkait belum adanya surat pengunduran diri yang dilampirkan Wayan Diar sebagai Ketua DPRD Bangli, KPU masih memberi waktu 5 hari setelah ada penetapan pasangan calon dari KPU.

“Untuk penetapan pasangan calon dilakukan 23 September. Jadi beliau masih memiliki waktu 5 hari setelah ditetapkan untuk mengundurkan diri sebagai ketua DPRD,” kata Pujawan.


Editor : Dewi Umaryati