Percepat Kesembuhan di Bali, TNI Sosialisasi Metode Plasma Darah untuk Pasien Covid-19

Antara ยท Sabtu, 08 Agustus 2020 - 12:41 WITA
Percepat Kesembuhan di Bali, TNI Sosialisasi Metode Plasma Darah untuk Pasien Covid-19
Danrem 163/Wira Satya Denpasar Brigjen Husein Sagaf. (Antara)

DENPASAR, iNews.id - Personel TNI di Korem 163/Wira Satya Denpasar akan menyosialisasikan metode plasma darah konvaselen. Hal itu dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan pasien Covid-19 di Bali.

"Langkah awal untuk menyosialisasikan penyembuhan dengan metode donor plasma darah konvalesen melalui webinar dan membuka kesempatan bagi pendonor," kata Danrem 163/Wira Satya, Denpasar, Brigjen Husein Sagaf di Denpasar, Jumat (7/8/2020).

Dia mengatakan, metode plasma darah konvaselen ini telah digunakan untuk penanganan pasien di Bali. Metode ini dipandang efektif sebelum adanya vaksin atau obat untuk menyembuhkan Covid-19.

Kendati demikian dia mengakui ada kendala yang dihadapi saat ini. Pasien yang telah sembuh dari Covid-19 masih enggan mendonorkan plasma darahnya.

"Belum banyak calon pendonor dari pasien yang telah sembuh dari Covid-19," ujarnya.

Sementara itu, menurut Kapenrem 163/Wira Satya, Mayor Arm Ida Bagus Putu Diana Sukertia, setelah menggelar sosialisasi melalui webinar, selanjutnya TNI akan memfasilitasi pelaksanaan donor darah bagi pasien Covid-19 di lingkungan keluarga besar tentara.

"Pendonornya adalah mereka yang sudah sembuh dari Covid-19. Donor darahnya diambil dari mereka yang pernah mengalami Covid-19 dan dinyatakan sudah sembuh," tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Bali, Ketut Suarjaya mengakui sudah ada pasien yang diterapi dengan metode plasma darah di Rumah Sakit (RS) PTN Universitas Udayana. Bahkan sudah ada satu pasien yang sembuh dengan metode penyembuhan ini.


Editor : Reza Yunanto